Penulis Utama : Titin Purwaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Uji bakteri aerobik mesofilik dan salmonella pada daging sapi segar dari beberapa pasar tradisional di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2005
Kolasi : xiv, 60 hal.: ilus., lamp., tab.; 4 inc
Sumber : UNS-Fak. MIPA NIM. M0400048
Subyek : DAGING SAPI, PEMERIKSAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Daging sapi segar merupakan salah satu bahan makanan sumber protein hewani yang mengandung asam amino yang lebih lengkap dibanding protein nabati. Kualitas daging sapi segar di beberapa pasar tradisional di Surakarta dipengaruhi oleh kondisi lingkungan pasar dan kondisi kios yang mengakibatkan terjadinya kontaminasi bakteri antara lain bakteri aerobik mesofilik dan bakteri patogen Salmonella.

Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui jumlah total bakteri aerobik mesofilik, 2) menentukan adanya bakteri patogen Salmonella, dan 3) mengetahui spesies-spesies bakteri Salmonella yang terdapat pada daging sapi segar yang dijual di beberapa pasar tradisional di Surakarta.

Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel daging sapi segar dari empat pasar tradisional yaitu Pasar Gede, Pasar Legi, Pasar Nusukan, dan Pasar Jongke. Sampel daging dihitung jumlah total bakteri aerobik mesofiliknya dengan metode total plate count dan dilakukan isolasi bakteri Salmonella. Isolasi bakteri Salmonella menggunakan medium Mac Conkey agar. Koloni Salmonella dalam medium Mac Conkey tampak tidak berwarna (colourless). Identifikasi Salmonella berdasarkan pada hasil uji biokimia terhadap koloni-koloni yang diduga sebagai koloni Salmonella.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah total bakteri aerobik mesofilik tertinggi adalah sampel daging dari Pasar Nusukan (2,4x107 CFU/gram), sedangkan jumlah total bakteri aerobik mesofilik sampel daging sapi dari Pasar Legi, Pasar Gede, dan Pasar Jongke berturut-turut 0,5x107 CFU/gram; 1,4x107 CFU/gram; dan 1,3x107 CFU/gram. Hasil isolasi bakteri Salmonella dari Pasar Gede, Pasar Legi, Pasar Nusukan, dan Pasar Jongke hanya diperoleh satu spesies Salmonella yaitu Salmonella typhi, akan tetapi tidak semua sampel daging sapi menunjukkan adanya isolat bakteri Salmonella.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Suranto, M.Sc., Ph.D
2. Artini Pangastuti, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA