Penulis Utama : Muhammad Priadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Peranan ilmu forensik dalam usaha untuk memecahkan kasus-kasus kriminalitas (ditinjau dari segi ilmu hukum pidana)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2005
Kolasi : x, 52 hal.
Sumber : UNS-Fak.Hukum NIM E0001177
Subyek : TINDAK PIDANA-PENGUSUTAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi dari ilmu pengetahuan forensik, dan untuk mengetahui peranan ilmu forensik dalam usaha untuk memecahkan kasus-kasus kriminalitas yang terjadi.

Penelitian ini merupakan penelitian yang normatif dan bersifat deskriptif yaitu penelitian dengan menggambarkan/ melukiskan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang, berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Jenis data yang dipergunakan adalah data sekunder (buku, artikel, peraturan perundang-undangan, makalah, dokumen kepustakaan).Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah teknik studi dokumen atau bahan pustaka. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa Ilmu pengetahuan forensik adalah sebuah ilmu pengetahuan yang ditujukan untuk membantu proses peradilan, terutama dalam bidang pembuktian. Sehingga di dapat bukti-bukti yang sulit ditemukan dengan cara biasa, dan memerlukan metode-metode tertentu dalam pencariannya. Dengan ditemukannya bukti tersebut diharapkan pengadilan dapat memberi putusan yang tepat, sehingga hukum dapat ditegakkan dengan benar. Ilmu pengetahuan forensik berkembang seiring dengan semakin banyaknya tindak kejahatan yang terjadi dalam masyarakat. Fungsi ilmu forensik adalah membuat suatu perkara menjadi jelas, yaitu dengan mencari dan menemukan kebenaran materiil yang selengkap-lengkapnya tentang suatu perbuatan ataupun tindak pidana yang telah terjadi. Peranan ilmu forensik dalam usaha untuk memecahkan kasus-kasus kriminalitas adalah sangat besar, hal ini dapat dilihat dari berbagai kasus yang ada dimana ilmu forensik dipakai untuk menentukan apakah si tersangka bisa dikenai hukuman atau tidak menyangkut kesehatan jiwanya, kemudian ilmu forensik dapat digunakan untuk menentukan keaslian suatu tulisan ataupun dokumen, lalu penggunaan ilmu forensik untuk mengidentifikasi korban kejahatan ataupun bencana, dan yang paling utama adalah penggunaan ilmu forensik untuk mengetahui tersangka dari suatu tindak kejahatan.

Implikasi teoritis dari penelitian ini adalah bahwa ilmu pengetahuan forensik dari mulai diketemukan hingga sekarang ini telah mengalami banyak kemajuan baik secara teori maupun aplikasi, sedangkan implikasi praktisnya adalah lebih banyak kasus-kasus kejahatan yang terungkap dengan semakin majunya ilmu pengetahuan forensik dan mempermudah proses peradilan di bidang pembuktian.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sabar Slamet, S.H
2. Siti Warsini, S.H. M.H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum