Penulis Utama : Suryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis efisiensi usaha di Lembaga Keuangan Mikro Syariah (studi kasus Alfa Dinar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0101075
Subyek : MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sektor informal di Indonesia kian terpuruk karena ketidakmampuan menumbuhkan modal. Sektor ini dianggap tidak layak bank (unbankable) sehingga mereka cenderung untuk mengandalkan modal sendiri. Sementara jika mereka meminjam dana untuk menambah modal,mereka cenderung untuk meminjam ke lembaga keuangan non formal (money lender). Keberadaaan money lender (rentenir) memunculkan persoalan baru bagi para pengusaha mikro Disatu sisi pengusaha mikro diuntungkan dengan kemudahan pencairan kredit dan cara pengembalian yang fleksibel namun disisi lain para pengusaha mikro dibebani dengan bunga yang tinggi sehingga mereka kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Keberadaan lembaga keuangan mikro bagaikan hembusan nafas baru bagi pengusaha mikro. Lembaga ini tidak hanya memberikan bantuan dalam permodalan tetapi juga menjalin kemitraan dengan pengusaha mikro. Di Indonesia terdapat dua jenis lembaga keuangan, yaitu lembaga keuangan syariah dan lembaga keuangan konvensional. Lembaga keuangan syariah yang sesuai dengan kultur masyarakat Indonesia adalah Baitul maal wa tamwil (BMT). BMT sebagai lembaga keuangan yang tergolong baru harus dapat mencapai efisiensi yang tinggi agar dapat bersaing dengan lembaga keuangan lain. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk melakukan penelitian dengan judul Analisis Efisiensi Usaha di Lembaga Keuangan Mikro Syariah (studi kasus Alfa Dinar).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi di kantor cabang Alfa dinar. Kedua mengetahui apa yang menjadi sumber inefisiensi dan bagaimana alternatif kebijakan dalam mengatasinya.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Envelopment analysis (DEA). DEA menggunakan multi input dan multi output untuk menjelaskan bagaimana tingkat efisiensi di kantor cabang Alfa Dinar. DEA juga membantu dalam mengidentifikasi sumber-sumber inefisiensi dan memberikan alternatif perbaikan agar tercapai efisiensi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder laporan keuangan kantor cabang Alfa Dinar tahun 2004.

Hasil analisis menunjukkan bahwa dari kelima kantor cabang Alfa Dinar terdapat tiga kantor cabang yang belum mencapai efisiensi yaitu alfa Dinar cabang Kerjo dengan tingkat efisiensi 70,12%, Alfa Dinar cabang Karangpandan dengan tingkat efisiensi 85,66% dan Alfa dinar cabang Mojogedang dengan tingkat efisiensi 88,48%. Dua kantor cabang Alfa Dinar yang telah mencapai efisiensi adalah Alfa Dinar cabang Pengging dan Alfa Dinar cabang Gondangrejo dengan skor efisiensi 100%.

Sumber inefisiensi ini adalah karena pengalokasian input (jumlah pengelola, jumlah biaya operasional dan jumlah modal) yang tidak sesuai dengan dengan kebutuhan atau dengan kata lain terjadi pemborosan pemakaian input. Sumber yang kedua adalah pencapaian output (jumlah pembiayaan dan jumlah dana pihak ketiga) yang tidak sebanding dengan pemakaian input.

Saran yang diberikan dalam penelitian ini antara lain, kantor cabang yang telah mencapai efisiensi hendaknya mempertahankan efisiensinya dengan meningkatkan pelayanan kepada anggota dan masyarakat. Kantor cabang yang belum mencapai efisiensi hendaknya mengacu pada kantor cabang yang telah mencapai efisinesi. Untuk meningkatkan produktivitas pengelolanya pihak manajemen Alfa Dinar dapat mengambil kebijakan dengan mengirimkan pengelolanya mengikuti training atau pelatihan. Output (pembiayaan dan dana pihak ketiga) dapat ditingkatkan dengan adanya diversifikasi produk.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Akhmad Daerobi, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis