Penulis Utama : Anang Mutaqin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pelaksanaan perkawinan bagi orang islam yang walinya adhal di kantor urusan agama kecamatan pasar kliwon kota surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi : xii, 56 hal.:ilus.,lamp.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0001058
Subyek : PERKAWINAN (HUKUM ISLAM)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan perkawinan bagi orang Islam yang walinya adhal, dan pelaksananaan perkawinan serta hambatan-hambatan dalam pelaksanaan perkawinan bagi orang Islam yang walinya adhal di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Jenis data yang dipergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan penelitian kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, serta dokumen-dokumen yang berhubungan dengan obyek penelitian. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa Faktor-faktor yang melatarbelakangi timbulnya pelaksanaan perkawinan yang walinya adhal di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta adalah agama, hukum, moral, dan pendidikan. Bahwa pelaksanaan perkawinan bagi orang Islam yang walinya adhal di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan maupun Hukum Islam. Bahwa dalam pelaksanaan perkawinan bagi orang Islam yang walinya adhal di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta tidak menemui suatu hambatan apapun dan berjalan dengan lancar.

Implikasi teoritis penelitian ini adalah hasil penelitian dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya hukum Islam, memberikan gambaran yang jelas mengenai pelaksanaan perkawinan bagi orang Islam yang walinya adhal, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan perkawinan tersebut, serta hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan perkawinan yang walinya adhal di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta.

Implikasi praktis penelitian ini adalah hasil penelitian dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang mengalami kesulitan melaksanakan perkawinan karena walinya adhal.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Mohammad Adnan, S.H., M.Hum
2. Agus Riyanto, S.H., M. Hum.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum