Penulis Utama : Nafiaturrohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Kebijakan pemeraaintah daerah dalam pengelolaan rumah susun dn permasalahannya di kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi : xii, 86 hal.: lamp.; 4 inc
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM. E00001189
Subyek : RUMAH SUSUN-SURAKARTA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kebijakan Pemerintah Kota Surakarta Dalam Pengelolaan rumah susun di Surakarta dan permasalahan yang dihadapi serta solusinya.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif, dengan mengambil lokasi pada Bagian Unit Pengelolaan rusunawa Kantor Pemerintah Kota Surakarta dan Rusunawa Begalon Surakarta. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data Primer diperoleh melalui wawancara dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Teknis analisa data yang digunakan adalah pendekatan model dengan interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pemerintah Kota Surakarta menerapkan pola pengelolaan dengan membentuk UPT ( Unit Pengelola Tehnis) Rusunawa yang mengelola teknis pengelolaan Rusunawa melalui Peraturan walikota Surakarta Nomor 2 Tahun 2005. Selain itu ada beberapa kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Surakarta menyangkut pengelolaan Rusunawa ini yaitu Keputusan walikota nomor 648.05/54/1/2005 Tentang Pembentukan Tim Pembina dan Tim Pengelola Rusunawa, Kemudian Keputusan Walikota Surakarta Nomor 648/125/1/2005 Tentang persyaratan Penghuni dan Fasilitas Rusunawa, dan yang terakhir Keputusan Walikota Surakarta nomor 648/184/1/2005 Tentang Tarif sewa Rusunawa.

Permasalahan yang timbul adalah mengenai pembebanan tarif yang masih relatif cukup tinggi,kurangnya manajemen antisipasi dan pengawasan, minimnya dana Pemerintah Kota dan kurangnya kesadaran para penghuni rusunawa terhadap hak dan kewajiban dalam berkehidupan di rusunawa. Solusi yang bisa dilakukan adalah meninjau ulang tarif sewa, meningkatkan manajemen pengawasan dan penertiban, penggalian dana dari pihak ketiga dan sosialisasi tentang rusunawa tersebut.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Aminah, SH
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum