Penulis Utama : Verlisa Pramudyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Hasil penerapan metode forecast dalam penyusunan anggaran penjualan pada PT Bengawan Abadi Motor Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3302114
Subyek : ANGGARAN BELANJA PERUSAHAAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT. Bengawan Abadi Motor Surakarta merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa, yaitu penjualan mobil dan servis mobil.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana perusahaan dalam membuat peramalan penjualan, sebagi perencanaan dalam penjualan dan memberikan bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam memilih dan menerapkan metode peramalan penjualan yang sesuai pada PT. Bengawan Abadi Motor Surakarta.

Adapun pengumpulan data yang dilaksanakan penulis adalah metode wawancara dengan pejabat yang terkait dan metode observasi, analisa data yang digunakan dengan cara metode statistik yaitu analisis trend (metode least square, metode moment, dan metode kuadrat), dan perhitungan SKF (Standar Kesalahan Forecasting). Perhitungan SKF digunakan untuk mengetahui metode apakah yang baik digunakan pada PT. Bengawan Abadi Motor Surakarta.

Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilaksanakan pada PT. Bengawan Abadi Motor Surakarta adalah perusahaan dalam melaksanakan kegiatan yang telah menyusun anggaran, salah satunya adalah anggaran penjualan. Penjualan sebagai dasar penyusunan anggaran penjualan lain dalam perusahaan. Pelaksanaan penyusunan anggaran penjualan pada PT. Bengawan Abadi Motor Surakarta menggunakan pendekatan kualitatif. Menurut penelitian ini anggaran penjualan disusun berdasarkan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode statistik analisi trend. Adapun hasil persamaan trendnya menggunakan metode trend least square yaitu Y’ = 147.100.820.000 + 53.133.500.000X, metode trend moment yaitu Y’ = 147.100.820.000 + 53.133.500.000X, dan metode trend kuadrat yaitu Y' = 244.514.900.000 + 306.501.320.000 X + 4.426.460.000X2. Metode yang bagus diterapkan di PT. Bengawan Abadi Motor Surakarta adalah Metode dengan pendekatan yang bersifat kualitatif karena sudah memperhatikan factor-faktor yang mempengaruhi penjualan. hal ini sudah dibuktikan dengan adanya realisasi yang peninggkatanya tidak terlalu tajam. Penggunaan metode statistik hanya digunakan sebagai alat bantu, karena hanya terbatas pada parameter waktu.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Setianingtyas. H, MM, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis