Penulis Utama : Krisnawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan Pada RSUD Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3301517-2004
Subyek : UPAH KARYAWAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan. Dari definisi sistem akuntansi tersebut, unsur suatu sistem akuntansi adalah formulir, catatan akuntansi yang terdiri dari jurnal, buku besar, dan buku pembantu serta laporan (Mulyadi,1997:3)

Tujuan penelitian ini penulis ingin menilai kinerja sistem akuntansi penggajian dan pengupahan RSUD Kab. Karanganyar dengan cara menganalisa fungsi-fungsi yang terkait, dokumen-dokumen yang digunakan, catatan akuntansi yang digunakan, dan jaringan prosedurnya.

Prosedur sistem akuntansi penggajian dan pengupahan dilaksanakan oleh beberapa bagian, yaitu bagian pencatat waktu hadir, bagian personalia, bagian gaji, bagian kasir, dan bagian keuangan. Jadi dapat dilihat bahwa dalam sistem akuntansi penggajian dan pengupahan sudah ada pemisahan fungsi.Selain pemisahan fungsi, setiap dokumen yang dikeluarkan harus mendapat otorisasi dari bagian yang terkait atau pejabat yang lebih tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa sistem dan prosedur penggajian dan pengupahan pada RSUD Kabupaten Karanganyar sudah efisien tetapi belum efektif yaitu dipandang dari segi fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan akuntansi serta jaringan prosedurnya.

Pada akhir penulisan tugas akhir ini, penulis memberikan beberapa saran untuk perbaikan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan RSUD Kabupaten Karanganyar penulis menyarankan perlu adanya penyempurnaan adanya SPI (Satuan Pengawas Intern), atau staf pemeriksa intern yang akan menjamin keamanan data akuntansi, ketelitian dan keandalannya. Staf ini dapat mengecek efektifitas unsur-unsur sistem pengendalian intern. Selain itu agar sistem dan prosedur benar-benar berjalan dengan baik sesuai dengan sistem dan prosedur yang berlaku, maka pelaksanaan sistem dan prosedur harus tetap dijalankan dan dipertahankan

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis