Penulis Utama : Baskoro Qomarul Andi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis network sebagai alat perencanaan dan pengawasan proyek pada perusahaan bangunan Studi pada pt. Pabelan griya mukti Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2004
Kolasi : xiv, 92 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM F0200031
Subyek : MANAJEMEN PROYEK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pelaksanaan proyek bangunan perlu perencanaan dan pengawasan yang baik terhadap semua kegiatan. Semua kegiatan harus dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat sesuai keinginan dan terintegrasi dengan kegiatan-kegiatan lainnya. Kontraktor harus melakukan perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian sebaik mungkin terhadap proyek agar dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Mengingat latar belakang yang telah dijelaskan diatas, maka dalam penelitian ini dikemukakan judul " ANALISIS NETWORK SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGAWASAN PROYEK PADA PERUSAHAAN BANGUNAN, STUDI PADA PT. PABELAN GRIYA MUKTI SURAKARTA".

Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan dalam penentuan bagaimana jaringan kerja proyek dapat ditetapkan oleh perusahaan dengan urutan kerja yang logis agar dalam pengerjaannya dapat dikerjakan tepat dengan waktu yang ditentukan, berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan poyek bila dilakukan secara normal, serta bagaimana proses percepatan penyelesaian proyek dengan alokasi sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga dicapai efisiensi dalam waktu dan biaya dengan disertai perhitungannya sehingga didapat waktu dan biaya penyelesaian proyek yang optimal.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui jaringan kerja proyek yang ditetapkan dengan urutan kerja yang logis, berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek dalam keadaan waktu normal, serta mengetahui proses percepatan yang bisa dilakukan terhadap pekerjaan pada jalur kritis serta penentun waktu dan biaya yang optimal, sehingga akan memberikan keuntungan pada perusahaan.

Untuk manfaat bagi perusahaan, sebagai sumbangan pemikiran bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan dibidang operasional serta bagi peneliti lain sebagai bahan referensi dalam melakukan penelitian sejenis, sedangkan bagi peneliti pribadi sebagai salah satu cara untuk menerapkan ilmu serta teori yang telah diperoleh. Sejalan dengan hal diatas metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Critical Path Method (CPM) dan metode Program Evaluation Review Technique (PERT).

Didalam telaah pustaka dikemukakan teori-teori yang ada dalam literatur-literatur yang dapat menjadi acuan sehingga dapat dikemukakan tentang jalur kritis, waktu kritis, probabilitas penyelesaian proyek,serta metode analisis data yaitu Critical Path Method (CPM) dan metode Program Evaluation Review Technique (PERT). Dalam telaah pustaka juga dikemukakan penelitian terdhulu oleh saudara Agus Haryono (2002)

Penelitian dilakukan pada PT. Pabelan Griya Mukti di Surakarta dengan menggunakan data pembangunan perumahan Solo Elok dengan tipe rumah 36/90. Pada analisis data diperoleh sebagai berikut :

  1. Urutan pekerjaan yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut A, B, C, F, G, H, K, P, R T, U, BB, karena kegiatan ini adalah kegiatan pada jalur kritis, dimana penundaan pada jalur ini akan menyebabkan terjadinya penundaan pada penyelesaian proyek secara keseluruhan.
  2. Waktu normal penyelesaian proyek selama 112,34 hari, dapat dipercepat 14 hari menjadi 98,34 hari dengan probabilitas penyelesaian sebesar 84,13%, dimana waktu yang ditetapkan untuk penyelesaian proyek selama 100 hari.
  3. Besarnya biaya tenaga kerja dan material adalah Rp. 38.660.350,00, dengan adanya percepatan selama 14 hari biaya tenaga kerja dan material menjadi Rp.39.038.350,00. Sehingga terjadi pertambahan biaya sebesar Rp.246.000,00.

Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa jaringan kerja proyek sudah ditetapkan dengan urutan kerja yang logis menurut pengalaman perusahaan dalam pembangunan perumahan, tetapi urutan pekerjaan yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut A, B, C, F, G, H, K, P, R T, U, BB, karena apabila kegiatan pada jalur tersebut mengalami keterlambatan akan menyebabkan keterlambatan penyelesaian proyek secara keseluruhan. Dengan menggunakan analisa network dengan metode CPM dan PERT terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan, menghasilkan perkiraan waktu proyek selama 112,34 hari, dipercepat menjadi 98,34 hari dengan probabilitas penyelesaian proyek dalam 100 hari sebesar 84,13, dengan total percepatan selama 14 hari. Besarnya biaya tenaga kerja dan material adalah Rp. 38.660.350,00, dengan adanya percepatan selama 14 hari biaya tenaga kerja dan material menjadi Rp.39.038.350,00. Sehingga terjadi pertambahan biaya sebesar Rp.246.000,00 namun biaya ini masih lebih kecil dari biaya pinalti yang dibebankan kepada perusahaan apabila mengalami keterlambatan sebesar 1% dari biaya pada waktu normal yaitu sebesar Rp. 386.603,00.

Dari kesimpulan yang diperoleh maka penulis memberikan saran-saran yang dapat menjadi bahan masukan bagi perusahaan antara lain : Walaupun jalur kritis harus diperhatikan, perusahaan juga harus melakukan pengawasan terhadap jalur non kritis, ialah jalur yang apabila terjadi penundaan atau keterlambatan tidak akan mempengaruhi atau memperlambat waktu penyelesaian proyek, supaya tidak adanya pembengkakan biaya akibat keterlambatan pada jalur ini. Berdasarkan pada hasil analisa yang telah dilakukan, sebaiknya perusahaan melakukan percepatan terhadap pembangunan rumah tipe 36, karena adanya penambahan biaya sebesar Rp.246.000,00 lebih kecil daripada pinalti yang harus ditanggung oleh perusahaan sebesar Rp. 386.603,00. Percepatan yang dilakukan perusahaan harus disertai dengan pengawasan terhadap kinerja pekerja proyek terutama pada jam lembur, percepatan tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya pengawasan yang ketat terhadap para pekerja.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Yong Dirgiatmo, M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis