Penulis Utama : Ariyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis laporan keuangan untuk menilai prestasi manajer PDAM Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3300019
Subyek : LAPORAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perusahaan Daerah Air Minum Klaten adalah salah satu dari perusahaan daerah yang berbadan hukum milik Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Klaten. PDAM Klaten didirikan berdasarkan Perda Kabupaten Klaten No 2 tahun 1977 dan berlokasi di Jl. Tentara Pelajar, Gayamprit, Klaten Selatan, Klaten Telp. (0272) 321834. Sifat dari kegiatan usaha PDAM Klaten terutama penyediaan dan pelayanan air minum yang sehat bagi kepentingan umum, disamping itu untuk mendapatkan keuntungan.

Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada masalah utama analisis laporan keuangan dengan menggunakan analisis rasio keuangan untuk menilai prestasi manajer PDAM Klaten. Analisis rasio keuangan yang digunakan adalah analisis rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas untuk periode 2000 – 2002.

Dari hasil analisis rasio keuangan menunjukkan bahwa likuiditas perusahaan sangat baik, hal ini ditunjukkan dari perhitungan curent ratio, quick ratio dan cash ratio yang mengalami peningkatan diatas 200% terutama tahun 2001 dan 2002. Sementara untuk rasio solvabilitas yaitu total debt to equity ratio , total debt to capital asset ratio dan long term debt to equity ratio selalu mengalami penurunan dan dibawah 100%. Sedangkan hasil analisis rasio profitabilitas menunjukkan adanya peningkatan pada tahun 2001 dan mengalami penurunan pada tahun 2002. penurunan ini disebabkan oleh meningkatnya biaya tidak langsung usaha dan turunnya pendapatan luar biasa, sehingga laba yang dihasilkan perusahaan juga turun.

Berdasarkan analisis rasio keuangan yang telah dilakukan maka penulis sedikit memberikan saran kepada manajer perusahaan yaitu mempertahankan tingkat likuiditas perusahaan dan solvabilitas yang sudah baik, serta menaikkan laba perusahaan untuk tahun-tahun yang akan datang, yaitu dengan menekan biaya langsung usaha dan biaya tidak langsung usaha agar tidak terlalu tinggi. Disamping itu juga menjaga agar biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan tidak menyimpang jauh dari anggaran biaya yang ditetapkan perusahaan dan juga perlu meningkatkan pendapatan perusahaan dengan tidak melupakan mutu penyediaan air yang sehat dan pelayanan kepada masyarakat umum.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Yasmin Umar Assegaf, AK
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis