Penulis Utama : Abdul Majid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Evaluasi dan Desain Sistem Informasi Akuntansi Siklus Produksi (Studi Kasus pada PT Leganda Bintang Bola)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM F0398017
Subyek : SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Memasuki era pasar bebas setiap perusahaan dituntut untuk meningkatkan kualitas manajemen perusahaannya. Peningkatan kualitas manajemen perusahaan ini sangat penting, mengingat ketatnya tingkat persaingan yang harus dihadapi perusahaan. Organisasi atau perusahaan menggantungkan diri pada sistem informasi untuk mempertahankan kemampuan berkompetisi. Informasi yang dimiliki oleh perusahaan digunakan oleh pimpinan perusahaan dalam mengambil tindakan dan keputusan yang tepat. Salah satu informasi yang dibutuhkan adalah informasi akuntansi.

Informasi akuntansi dibutuhkan oleh pihak manajemen perusahaan untuk mengetahui apakah perusahaan dalam menjalankan operasinya dapat meningkatkan kemampuan ekonomisnya atau tidak. Oleh karena itu pencatatan akuntansi yang baik sangat penting agar dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengambil keputusan.

Penelitian ini dimaksudkan untuk memperbaiki SIA Siklus Produksi pada PT Legenda Bintang Bola berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan kepada pihak PT Legenda Bintang Bola. Evaluasi terhadap SIA Siklus Produksi meliputi analisis unit organisasi terkait, analisis terhadap laporan keuangan, analisis terhadap kode rekening, analisis terhadap buku besar dan buku pembantu, analisis jurnal, analisis formulir yang digunakan, analsis sistem otorisasi dalam pelaksanaan transaksi, dan analisis terhadap prosedur pelaksanaan transaksi dimana yang dianalisis adalah kelemahan yang terdapat dalam SIA Siklus Produksi di PT LBB. Kelemahan yang ditemukan dalam analisis tersebut adalah pemisahaan tugas dan wewenang yang belum jelas diperusahaan, Laporan Harga Pokok Penjualannya belum menunjukkan adanya persediaan dalam proses. Dari analisis sistem otorisasi dan prosedur pelaksanaan transaksi ditemukan adanya pengendalian yang lemah dalam sistem penghitungan persediaan fisik perusahaan. Hal ini mengakibatkan informasi keuangan yang dihasilkan tidak dapat diandalkan. Pada analisis formulir terdapat beberapa dokumen dan formulir yang belum tersedia.

Selanjutnya dari kelemahan-kelemahan tersebut, diberikan rekomendasi perbaikan terhadap SIA Siklus Produksi yang lama. Hal-hal yang dilakukan adalah pembenahaan struktur organisasi, perancangan format Laporan Harga Pokok Penjualan, perancangan formulir dan bukti-bukti transaksi yang diperlukan. Hal ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam memperbaiki SIA Siklus Produksi oleh PT Legenda Bintang Bola.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis