Penulis Utama : Wawan Eko Haryono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis network sebagai alat perencanaandan pengawasan produksi meja oval exdtention pantas dilakukan pada CV. Rimba Sari Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.EKonomi - 2005
Kolasi : x, 55 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-Fak.EKonomi NIM F3502538
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI, PERENCANAAN DAN PENGAWASAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Efisiensi waktu dalam proses produksi sangat penting bagi semua perusahaan, menginggat semakin tingginya persaingan terlebih lagi dengan adanya era perdagangan bebas. Perusahaan mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen berkualitas dimana diharapkan bisa eksis dimasa-masa, mendatang. Dalam peneletian ini mengamati salah satu produk yang paling banyak diminati para konsumen dan permintaannya yang relatif kontinyu dibanding produk lain yaitu Meja Oval Extention. Perumusan masalah yang diajukan adalah Apakah waktu yang ditetapkan pada proses produksi meja oval extention oleh perusahaan sudah efektif. Dengan penelitian ini diharapkan memberi gambaran waktu yang paling efisien dalam melaksanakan proses produksi sehingga perusahaan selanjutnya dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Selama penelitian, peneliti mengadakan pengamatan langsung pada proses produksi, wawancara dengan pekerja ataupun dengan pimpinan perusahaan. Analisis yang peneliti gunakan untuk memecah permasalahan menggunakan analisis Network yang terdiri dari analisis Critical Path Method (CPM), Program Evaluation and Review Technique (PERT). Sebelum menggunakan analisis tersebut langkah pertama dalam menganalisis dengan menentukan urutan kegiatan penyelesaian produk sejak awal hingga akhir serta menentukan waktu optimistis, waktu realistis, waktu pesimistis.

Dari hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan memberi waktu untuk penyelesaian produk Meja Oval Extention sebesar 48 jam, tetapi dengan menggunakan analisis Network waktu penyelesaian produk menjadi 46,30 jam dengan tingkat probabilitas sebesar 95,54%. Ini berarti ada efisiensi waktu sebesar 1,52 jam.

Berdasarkan hasil perhitungan maka diajukan saran kepada perusahaan untuk menggunakan analisis Network agar waktu penyelesaian produk Meja Oval Extention dapat lebih efektif, sehingga kuantitas produk dapat bertambah.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Moch Amien Gunadi, MP
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis