Penulis Utama : Margaretha Monica
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Earnings management (managemen laba) dalam Perbankan Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0399048
Subyek : BANK DAN PERBANKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya indikasi earnings management dan perbedaan total accruals antara bank sehat, bank likuidasi, dan bank take over pada laporan keuangan tahunan bank periode 1995-1997. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara total accruals bank sehat, bank likuidasi, dan bank take over.

Populasi penelitian ini adalah seluruh bank umum swasta nasional devisa dan non devisa yang ada di Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive, sehingga secara keseluruhan diperoleh 105 bank yang memenuhi kriteria. Data laporan keuangan diperoleh dari Direktori Perbankan Indonesia dan laporan keuangan hasil auditor independen yang diperoleh langsung dari Bank Indonesia. Model yang digunakan adalah Healy (1985) dan earnings management diproksikan dengan total accruals.

Hasil pengujian normalitas data menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal, sehingga pengujian hipotesis dilakukan dengan uji parametrik ANOVA (uji F) dan tingkat signifikansi 5 %. Hasil uji hipotesis menunjukkan tidak terdapat perbedaan rata-rata total accruals bank sehat, bank likuidasi, dan bank take over pada tahun 1995 dan 1996, sedangkan pada tahun 1997 terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok bank tersebut.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat indikasi earnings management pada laporan keuangan tahunan bank sehat, bank likuidasi, dan bank take over pada saat krisis, baik dengan cara menaikkan maupun menurunkan laba. Penelitian yang akan datang hendaknya memperluas populasi dan menggunakan model yang lebih kompleks yang sesuai dengan karakteristik laporan keuangan bank.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis