Penulis Utama : Margareta Dewi Nopita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Evaluasi pengendalian kualitas produk dari Gudang Packing pada PT. Palur Raya Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3502524
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian dilaksanakan pada PT. PALUR RAYA, Surakarta salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi MSG (Mono Sodium Glutamate) di Surakarta. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2005 sampai dengan tanggal 15 Februari 2005.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian kualitas produk dari gudang packing  pada PT. PALUR RAYA, Surakarta.

Sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan, maka penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yaitu statistical quality control. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah jumlah produk dan reject MSG dari gudang packing selama tahun 2004. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode P-chart dengan peta pengendalian model rata-rata. Dari analisis ini dapat diketahui rata-rata proporsi kerusakan, batas pengendalian atas (UCL) dan batas pengendalian bawah (LCL) untuk membuat grafik pengendalian kualitas yang akan menggambarkan tingkat pengendalian kualitas yang dilakukan oleh perusahaan.

Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan bagan pengendalian p-chart model rata-rata dapat diketahui bahwa garis pusat sebesar 0,31%; batas pengendalian atas (UCL) sebesar 1,69% dan batas pengendalian bawah (LCL) sebesar 0 %. Kerusakan tertinggi terjadi pada bulan Januari yaitu mencapai 0,0126 atau 1,26% dan kerusakan terendah terjadi pada bulan Maret yaitu mencapai 0,0005 atau 0,05%. Dengan demikian masih dapat dikatakan bahwa pengendalian kualitas produk dari gudang packing yang dilakukan pada PT. PALUR RAYA, Surakarta selama tahun 2004 berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

 Berdasarkan grafik pengendalian kualitas, perusahaan perlu meneliti kejadian pada bulan Maret yang menunjukkan kerusakan sangat kecil yaitu 0,0005 atau 0,05%, menunjukkan bahwa proses produksi dan  proses kerja karyawan pada  perusahaan sangat baik karena kerusakan dapat mencapai angka terendah. Di samping itu perusahaan juga perlu meneliti kejadian pada bulan Maret dan April tahun 2004. Apa yang menjadi penyebab hasil produk yang baik dengan angka kerusakan 0,0005 atau 0,05% pada bulan Maret kembali naik menjadi 0,0014 atau 0,14% pada bulan April. Hendaknya perusahaan memberikan perhatian lebih pada proses kerja karyawan yang sangat berpengaruh besar pada kualitas yang dihasilkan.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. M. Amien Gunadi MP
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis