Penulis Utama : Dian Kartikasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Tinjauan terhadap penerapan metode harga pokok pesanan dalam usaha jasa perbaikan studi kasus pada PT. Andara Elkom
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3397067
Subyek : HARGA POKOK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perusahaan dapat dipandang sebagai suatu sistem yang memproses masukan untuk menghasilkan keluaran. Perusahaan mengolah masukan berupa sumber ekonomi untuk menghasilkan keluaran berupa sumber ekonomi lain yang nilainya harus lebih tinggi daripada nilai masukannya. Untuk menjamin terwujudnya tujuan tersebut diperlukan alat untuk mengukur nilai masukan yang dikorbankan untuk menghasilkan keluaran. Akuntansi biaya berfungsi untuk mengukur pengorbanan nilai masukan tersebut guna menghasilkan informasi bagi manajemen yang salah satu manfaatnya adalah untuk mengukur apakah kegiatan usahanya menghasilkan laba. Akuntansi biaya juga menghasilkan informasi biaya yang dapat menjadi dasar bagi manajemen dalam pengambilan keputusan harga jual produk.

Kenyataannya akuntansi biaya tidak terbatas penerapannya dalam perusahaan-perusahaan manufaktur saja, melainkan dapat juga diterapkan dalam perusahaan-perusahaan jasa. Umumnya akuntansi biaya yang diterapkan dalam perusahaan manufaktur lebih kompleks bila dibandingkan dengan yang diterapkan dalam perusahaan jasa.

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan akuntansi biaya dalam perusahaan jasa. Maka tugas akhir ini dibuat dalam rangka memberikan gambaran dan informasi tentang penerapan akuntansi biaya dalam perusahaan jasa, khususnya penerapan metode harga pokok pesanan untuk mengakumulasi biaya-biaya yang dibebankan pada produk yang dihasilkan oleh perusahaan jasa.

Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode harga pokok pesanan diterapkan oleh PT. Andara Elkom untuk mengakumulasi biaya-biaya yang berkaitan dengan pekerjaan perbaikan yang dilakukan pada masing-masing perangkat terminal telekomunikasi yang diperbaiki.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data secara tertulis yang dapat memberikan berbagai informasi. Juga menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisa data-data hasil observasi yang dipaparkan dengan suatu standar teori tertentu.

Hasil analisa menunjukkan, bahwa PT. Andara Elkom menerapkan metode harga pokok pesanan untuk mengakumulasi biaya-biaya perbaikan pada setiap perangkat terminal telekomunikasi yang diperbaiki. Perusahaan melakukan jasa perbaikan bagi customernya dan setiap perangkat yang diperbaiki dihitung biayanya secara individual. Biaya-biaya yang dibebankan pada pekerjaan meliputi biaya suku cadang dan biaya jasa repair. Sama halnya dengan biaya bahan baku di pabrik, biaya suku cadang secara langsung dapat ditelusuri ke pekerjaan dan diperhitungkan berdasarkan biaya yang sesungguhnya terjadi. Sedangkan biaya jasa repair menunjukkan biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik yang ditentukan di muka atas dasar jam kerja langsung.V

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Setianingtyas, MM. Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis