Penulis Utama : Emi Prahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Peranan Muhammad Hatta dalam Revolusi Nasional Indonesia 1945-1949
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K4401025
Subyek : INDONESIA-SEJARAH REVOLUSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui riwayat hidup Mohammad Hatta sebelum terjadi Revolusi Nasional Indonesia (2) Mengetahui pelaksanaan Revolusi Nasional Indonesia (3) Mengetahui seberapa besar peranan Mohammad Hatta dalam Revolusi Nasional Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis. Langkah-langkah yang ditempuh dalam metode historis meliputi : Heuristik, Kritik, Inteprestasi, dan Historiografi. Sumber data yang dipakai adalah sumber primer berupa surat kabar dan majalah. Selain sumber primer penulis juga menggunakan sumber sekunder berupa buku-buku dan majalah yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan teknik analisisnya adalah dengan teknik historis yaitu teknik yang mengutamakan ketajaman dan kepekaan dalam mengintepretasikan data sejarah menjadi fakta sejarah.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Mohammad Hatta lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukittinggi, Sumatra Barat. Mohammad Hatta dibesarkan dilingkungan yang agamis dan ulet dalam bekerja karena ayah Mohammad Hatta adalah seorang ulama yang tawakkal bernama Mohammad Djamil, dan ibunya adalah seorang muslimah yang sholehah dan ulet dalam bekerja bernama Siti Shaleha, Sehingga dari kedua orang tuannya Mohammad Hatta mewarisi sifat tawakkal dan ulet dalam bekerja. Pendidikan formal yang pernah Mohammad Hatta tempuh diantaranya adalah Sekolah Rakyat, ELS, MULO. PHS, NHH dan HHS. Dari latar belakang pendidikanya pemikiran-pemikiran Mohammad Hatta terbentuk hingga pada akhirnya Mohammad Hatta ahli diberbagai bidang baik politik maupun ekonomi. (2) Revolusi Nasional Indonesia lahir didorong oleh kondisi dari dalam maupun luar negeri. Dari dalam negeri adanya pergerakan-pergerakan yang didasari oleh semangat nasionalisme untuk melawan para penjajah sedang dari luar negeri adalah adanya paham-paham Barat yang merebak di dunia khususnya di Indonesia. Selain itu adanya kemenangan Jepang melawan Rusia membuat bangsa Indonesia bangkit melawan penjajah dan memperoleh serta mempertahankan kemerdekaan. Revolusi Nasional Indonesia berjalan dengan dua jalur yaitu dengan cara perjuangan fisik maupun dengan cara diplomasi dan kedua cara itu telah mewarnai peristiwa-peristiwa selama revolusi berlangsung. (3) Peranan Mohammad Hatta dalam revolusi Nasional Indonesia dibuktikan saat persiapan kemerdekaan dengan menjadi anggota BPUPKI dan PPKI. Selain itu Mohammd Hatta juga berpartisipasi dalam perumusan teks proklamasi yang dituangkan dalam penyusunan kata-kata maupun kalimatnya. Peranan Mohammad Hatta lainnya adalah disaat menjadi wakil presiden pertama dengan persetujuan presiden dan anggota komite nasional Mohammad Hatta menandatanggani dua maklumat yaitu maklumat no.X yang berisi tentang pembentukan Komite Nasional Pusat yang akan membantu tugas dari presiden dan maklumat 3 Nopember 1945 yang berisi tentang pembentukan partai-partai politik.. Peran Mohammad Hatta di saat menjabat perdana menteri adalah dengan keberaniannya Mohammad Hatta menerima dan melaksanakan hasil dari perjanjian Renvile yang mendapat protes keras dari rakyat Indonesia. Peran Mohammad Hatta yang tidak kalah penting adalah disaat Mohammad Hatta menjadi delegasi Indonesia di Konferensi Meja Bundar yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda dengan gigihnya Mohammad Hatta memperjuangkan Irian Barat yang semula tidak akan dikembalikan ke Indonesia oleh pemerintah Belanda. Mohammad Hatta juga menolak jumlah hutang Belanda yang harus dibayar Indonesia dan dengan keberaniannya jumlah hutang Belanda yang harus dibayar pemerintah Indonesia yang semula f. 3.167 juta untuk hutang luar negeri dan f. 2.956 juta untuk hutang dalam negeri berkurang menjadi f. 2000 juta untuk jumlah keduannya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri wahyuning, M. Pd
2. Dra Sariyatun,M.Pd.,M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP