Penulis Utama : Ragil Ari W.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Umum Pandan Arang Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299094
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap kualitas jasa yang diberikan oleh RSU Pandan Arang Boyolali, selain itu juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap, seberapa erat hubungan antara kualitas jasa terhadap kepuasan pasien rawat inap, dan untuk mengetahui keeratan hubungan dimensi Keandalan, Ketanggapan, Keyakinan, Empati dan Berwujud dengan kepuasan pasien rawat inap di RSU Pandan Arang Boyolali. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak manajemen rumah sakit sebagai sebuah informasi yang berguna untuk dapat mengambil kebijakan yang mengutamakan kepuasan pasien dan demi kemajuan rumah sakit itu sendiri di masa yang akan datang. Dan bagi penulis sendiri dapat bermanfaat sebagai wacana yang memperkaya pengetahuan penulis dan sekaligus sebagai sarana untuk mempraktekkan teori yang sudah didapatkan di bangku kuliah.

Masalah yang hendak dicari jawabanya dalam penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap kualitas jasa yang diberikan oleh RSU Pandan Arang Boyolali, pengaruh kualitas jasa yang diberikan oleh rumah sakit terhadap kepuasan pasien rawat inap, dan keerataan hubungan antara dimensi kualitas jasa dengan kepuasan pasien rawat inap”.

Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut: “Diduga pasien rawat inap tidak puas terhadap kualitas jasa yang diberikan oleh RSU Pandan Arang Boyolali. Dan untuk masalah yang kedua hipotesisnya adalah: “Diduga kualitas jasa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Pandan Arang Boyolali”. Dan untuk masalah yang ketiga diajukan hipotesis: “Diduga kualitas jasa memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pasien rawat inap di RSU Pandan Arang Boyolali”. Dan untuk masalah yang keempat diajukan hipotesis: “Diduga Keandalan merupakan dimensi kualitas jasa yang paling erat hubungannya dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSU Pandan Arang Boyolali”.

Berdasarkan masalah dan hipotesis yang diajukan, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis perbandingan antara kinerja dan harapan (Vincent Gasperz), Analisis regresi berganda beserta uji F dan uji t, analisis Korelasi Parsial untuk mengetahui keeratan hubungan antara dimensi kualitas jasa dengan kepuasan pasien rawat inap.

Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 53 responden atau 20% dari total populasi sebanyak 250 pasien. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Proporsional Random Sampling.

Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa mayoritas pasien rawat inap (69,81%) merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh RSU pandan Arang Boyolali. Dari hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa dimensi kualitas jasa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap dengan dimensi Ketanggapan yang memiliki kontribusi terbesar untuk meningkatkan kepuasan pasien rawat inap. Uji F menunjukkan F hitung (60,22574) > F tabel (2,53) sedangkan uji t menunjukkan t hitung masing-maing dimensi kualitas jasa lebih besar dari t tabelnya (1,960). Dan dari analisis korelasi parsial diketahui bahwa koefisien korelasi tiap-tiap dimensi kualitas jasa besarnya  antara 0,70 sampai 1,00 dan yang paling tinggi derajat asosiasinya adalah dimensi Keyakinan.

Dari bukti-bukti yang diperoleh dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan“Diduga pasien rawat inap tidak puas terhadap kualitas jasa yang diberikan oleh RSU Pandan Arang Boyolali” dapat diterima dan terbukti. Untuk hipotesis yang kedua “Diduga kualitas jasa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Pandan Arang Boyolali” juga dapat diterima dan terbukti , hal ini dapat dilihat melalui hasil analisis regresi berganda. Untuk hipotesis ketiga: “Diduga kalitas jasa memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pasien rawat inap di RSU Pandan Arang Boyolali”dapat diterima dan terbukti. Untuk hipotesis keempat : “Diduga Keandalan merupakan dimensi kualitas jasa yang paling erat hubungannya dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSU Pandan Arang Boyolali” ternyata tidak terbukti, melalui analisis korelasi parsial diperoleh hasil bahwa dimensi yang paling erat hubungannya dengan kepuasan pasien rawat inap adalah dimensi Keyakinan. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka penulis mengajukan saran-saran kepada pihak manajemen rumah sakit untuk berusaha memenuhi harapan-harapan pasien dengan jalan meningkatkan mutu kinerja dari rumah sakit sehingga dimasa yang akan datang dapat tercapai kondisi minimal yaitu kinerja = harapan atau dengan kata lain pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan rumah sakit.Yang perlu mendapat prioritas adalah dimensi keandalan di mana sebagian besar pasien tidak puas pada dimensi ini, meliputi cara prosedur penerimaan dan pelayanan pasien yang sederhana (tidak berbelit-belit) dan lebih tepat dalam menjalankan jadwal pelayanan (tidak terlambat/ molor). Selain itu mutu dan ketrampilan para dokter dan perawat perlu ditingkatkan lagi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto, MBA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis