Penulis Utama : Latifatul Umam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh pos perdagangan voc di jepara terhadap kebijakan ekonomi mataram pada masa amangkurat i (1646-1677)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K4401007
Subyek : INDONESIA-SEJARAH EKONOMI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peranan pos perdagangan VOC di Jepara pada masa Amangkurat I, (2) Kebijakan Mataram terhadap keberadaan pos perdagangan VOC di Jepara, (3) Dampak aktivitas perdagangan VOC di Jepara terhadap Mataram pada masa Amangkurat I.

Sejalan dengan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai maka penelitian ini menggunakan metode historis atau metode sejarah, yakni mengumpulkan data-data dan peninggalan lain yang relevan dengan pengaruh pos perdagangan VOC di Jepara terhadap kebijakan ekonomi Mataram pada masa Amangkurat I. Penelitian ini menggunakan analisa historis, yaitu mengutamakan ketajaman dalam menafsirkan atau menginterpretasikan data-data sejarah. Dalam pengumpulan data-data sejarah atau heuristik, penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka. Sumber data yang digunakan lebih banyak menggunakan sumber data tertulis sekunder yang terdiri atas buku-buku dan artikel lain yang berkaitan dengan tema penelitian. Sedangkan dalam teknik analisa data menggunakan teknik kritik sumber, dengan cara membandingkan antara sumber data yang satu dengan sumber data yang lain sehingga diperoleh data yang obyektif serta relevan dengan tema penelitian. Data-data tersebut kemudian diinterpretasikan atau ditafsirkan makna dan hubungannya sehingga menghasilkan fakta-fakta sejarah. Fakta-fakta ini kemudian dirangkai dan disusun menjadi sebuah cerita sejarah dalam sebuah historiografi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kegiatan utama VOC di Jepara yaitu melakukan perdagangan beras dan kayu. Perdagangan VOC yang terjadi di pesisir utara Jawa yang melibatkan padagang dari berbagai negara tersebut meningkatkan kekuatan ekonomi dan sosial daerah pesisir. Selain aktivitas dagang, VOC juga mengupayakan militer yang dimaksudkan untuk menunjang aktivitas dagangnya. Kekuatan militer VOC ini juga digunakan untuk membantu Mataram untuk memadamkan pemberontakan Trunajaya, (2) Pada masa pemerintahan Amangkurat I, kerajaan Mataram mengeluarkan kebijakan ekonomi yang ditujukan terhadap aktivitas perdagangan pesisir utara Jawa. Berbagai kebijakan tersebut dimaksudkan untuk menghilangkan perdagangan yang merupakan sumber kekuatan daerah pesisir yang dapat membahayakan kedudukan kerajaan Mataram, (3) Kebijakan ekonomi Mataram pada masa Amangkurat I berdampak terhadap rakyat di pesisir utara Jawa dan juga kerajaan Mataram. Larangan terhadap perdagangan dan pelayaran menghilangkan sumber penghidupan rakyat, sehingga mengakibatkan menurunnya tingkat kesejahteraan rakyat. Sedangkan posisi Mataram melemah akibat perlawanan dari daerah bawahan kerajaan ataupun dari lingkungan keraton sendiri serta masuknya intervensi VOC di kerajaan Mataram.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Saiful Bachri, M.Pd
2. Drs. Herimanto,M.Pd.,M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP