Penulis Utama : Dewi Lianawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan staff PT. Mutu Gading Tekstil di Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299045
Subyek : MANAJEMEN KEPEGAWAIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : pertama, apakah dimensi motif eksistensi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT. Mutu Gading Tekstil; kedua, apakah dimensi motif afiliasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT. Mutu Gading Tekstil; ketiga, apakah dimensi motif kekuasaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT. Mutu Gading Tekstil; keempat, apakah dimensi motif berprestasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT. Mutu Gading Tekstil; kelima, apakah motivasi kerja yang meliputi dimensi motif eksistensi, motif afiliasi, motif kekuasaan, dan motif berprestasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan.staff PT. Mutu Gading Tekstil.

Sehubungan dengan permasalahan, maka diajukan hipotesis sebagai berikut : pertama, dimensi motif eksistensi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT. Mutu Gading Tekstil; kedua, dimensi motif afiliasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT. Mutu Gading Tekstil; ketiga, dimensi motif kekuasaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT. Mutu Gading Tekstil; keempat, dimensi motif berprestasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT. Mutu Gading Tekstil; kelima, motivasi kerja yang meliputi dimensi motif eksistensi, motif afiliasi, motif kekuasaan, dan motif berprestasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT. Mutu Gading Tekstil.

Sejalan dengan masalah dan hipotesis penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan staff PT. Mutu Gading Tekstil di Karanganyar yang berjumlah 73 orang. Karena keterbatasan jumlah populasi, maka seluruhnya digunakan sebagai sampel. Dari 73 kuesioner yang diberikan kepada responden, hanya 69 kuesioner yang kembali dan dapat digunakan untuk analisis.

Hasil uji validitas yang menggunakan teknik Product Moment Pearson menunjukkan ada 8 item yang tidak valid dari total 65 item pertanyaan. Dari analisis menunjukkan bahwa : (1) Motif eksistensi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT.Mutu Gading Tekstil. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 3.023 dengan tingkat signifikansi .004 (2) Motif afiliasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT.Mutu Gading Tekstil dengan nilai thitung 2.336 dan tingkat signifikansi sebesar .023 (3) Motif kekuasaan tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT.Mutu Gading Tekstil. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 0.762 dengan tingkat signifikansi .449 lebih besar dari .05 (4) Motif berprestasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT.Mutu Gading Tekstil. Hal ini dapat dilihat dari thitung sebesar 3.778 dengan tingkat signifikansi .000 (5) Motivasi kerja yang meliputi dimensi motif eksistensi, motif afiliasi, motif kekuasaan, dan motif berprestasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan staff PT.Mutu Gading Tekstil. Hal ini terlihat dari nilai Fhitung sebesar 15.103 dengan tingkat signifikansi .000. Hasil uji koefisien determinasi majemuk menunjukkan nilai adjusted R2 sebesar .453 yang menunjukkan bahwa 45.3% prestasi kerja dipengaruhi oleh motivasi kerja yang terdiri dari dimensi motif eksistensi, motif afiliasi, motif kekuasaan, dan motif berprestasi. Sedangkan sisanya 54.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diambil kesimpulan bahwa dimensi motif eksistensi, motif afiliasi, dan motif berprestasi secara individu berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi kerja. Sedangkan motif kekuasaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi kerja. Selain itu dapat disimpulkan pula bahwa motivasi kerja yang meliputi dimensi motif eksistensi, motif afiliasi, motif kekuasaan, dan motif berprestasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran sebagai berikut : (1) Untuk motif berprestasi hendaknya pihak manajemen memberikan pelatihan dan pengembangan bagi para karyawan ; memperluas ketrampilan atau penganekaragaman tugas bagi karyawan karena akan menimbulkan suatu tantangan dalan diri karyawan yang dapat meningkatkan prestasi kerja ; menerapkan program pelibatan karyawan dalam pembuatan dan pelaksanaan keputusan, dan kemudian menyaksikan berhasilnya keputusan itu ; karyawan diberi keleluasaan memiliki sasaran kinerja pribadi yang khusus ; memberikan kesempatan karier kepada karyawan yang berprestasi (2) Untuk motif eksistensi hendaknya pihak manajemen dapat memberikan tunjangan fleksibel yang dapat dipilih karyawan untuk disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing ; pemberian bonus berupa bagi laba untuk para karyawan ; pemberian gaji yang adil berdasarkan tuntutan pekerjaan, tingkat ketrampilan individu, dan standar pengupahan komunitas (3) Untuk motif afiliasi hendaknya pihak manajemen dapat membiasakan para manajer untuk bersikap ramah dan memahami, menawarkan pujian untuk kinerja yang baik, dan mendengarkan pendapat karyawan ; menciptakan kekohesifan dalam kelompok kerja (4) Untuk motif kekuasaan diarahkan pada penggunaaan kekuasaaan bagi orang yang tepat dan tidak otoriter.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis