Penulis Utama : Dewi Agustina Ratnawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh tekanan kepatuhan dan pertimbangan moral terhadap Judgement Auditing
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0399030
Subyek : AUDITING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Para peneliti di bidang perilaku telah menaruh perhatian yang besar terhadap pengaruh tekanan kepatuhan terhadap kinerja seorang auditor. Untuk itulah, penulis berusaha meneliti pengaruh tekanan kepatuhan terhadap kinerja auditor yang diwujudkan dalam judgment-nya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pertimbangan moral memodernisasi pengaruh tekanan kepatuhan terhadap judgement auditor dan untuk mengetahui apakah auditor akan mematuhi instruksi yang tidak tepat dari atasan dalam suatu firma KAP. Hipotesis yang diajukan adalah pertama; auditor yang memiliki tingkat pertimbangan moral tinggi akan membuat judgement yang lebih tepat dibandingkan auditor yang memiliki tingkat pertimbangan moral rendah,  kedua; auditor yang berada di bawah tekanan kepatuhan akan membuat judgment yang kurang tepat dibandingkan dengan auditor yang tidak mendapat tekanan,  ketiga; tekanan kepatuhan dari atasan yang tingkatnya lebih tinggi cenderung membuat auditor mengeluarkan judgement yang tidak tepat ibandingkan tekanan kepatuhan dari atasan yang tingkatnya lebih rendah.

Penelitian ini bersifat eksperimen semu yang mengambil sampel mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret jurusan Akuntansi yang telah menempuh mata kuliah Auditing; dimana pada bagian ini mahasiswa tersebut diproyeksikan sebagai auditor pemula. Penelitian menggunakan data primer yang didapatkan dengan membagi kuesioner kepada responden yang telah dikumpulkan dalam suatu kelas. Tingkat pengembalian kuesioner adalah 100% dari 90 kuesioner yang disebar. Keseluruhan data dapat dioleh karena seluruh kuesioner diisi dengan baik oleh responden, hanya beberapa item yang tidak dicantumkan, akan tetapi hal itu tidak mempengaruhi pengujian karena item yang tidak dicantumkan oleh responden adalah nama dan pengalaman kerja mereka.

Dari data-data yang terkumpul selanjutnya dilaksanakan pengujian hipotesis yang diajukan menggunakan ANOVA, pengujian hipotesis tersebut memanfaatkan bantuan program SPSS versi 11.

Dari hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa pertimbangan moral mempengaruhi auditor dalam mengeluarkan judgement. Auditor yang berada di bawah tekanan kepatuhan cenderung menyimpang dari standar profesional. Jarak hirarkis auditor tidak mempengaruhi auditor dalam mengeluarkan judgement.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis