Penulis Utama : Sari Isdianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Studi tentang pertanggungjawaban perdata dalam pengadaan barang/jasa pemerintah khusus bidang jasa konstruksi di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi : xiii, 115 hal.: ilus., lamp.
Sumber :
Subyek :
Jenis Dokumen :
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penulisan Hukum (skripsi) ini bertujuan mengetahui lebih dalam langkah yuridis apa saja yang dapat ditempuh dalam usaha mewujudkan kesinergisan kerja pemerintah daerah dalam melayani kebutuhan masyarakat di bidang jasa konstruksi melalui pertanggungjawaban profesi berdasarkan pertanggungjawaban perdata oleh pihak Kontraktor kepada pihak Pemerintah Kota Surakarta selaku pihak Pengguna Jasa. Serta memecahkan permasalahan yang ada dalam pelaksanaan pertanggungjawaban perdata (legal liabity) dalam pengadaan barang/ jasa pemerintah khusus bidang jasa konstruksi.

Penelitian ini termasuk dalam lingkup penelitian hukum empiris. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu berupa keterangan atau fakta-fakta yang diperoleh langsung dari sumbernya atau melalui penelitian lapangan dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari sumber yang tidak langsung misalnya literature, perpustakaan, dan dokumen-dokumen yang terkait dengan bahasan yang penulis kaji. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Data-data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan model interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab profesi berdasar pertanggungjawaban perdata penting dalam sebuah pelaksanaan pekerjaan konstruksi pemerintah yang secara luas melibatkan kepentingan publik. Untuk itu dapat ditempuh beberapa langkah untuk dapat membangun jalur pertanggungjawaban perdata atas hasil karya, produk dan jasa konstruksi. Diantaranya yaitu melalui Keppres No. 80 Tahun 2003 yang mengatur pensyaratan adanya sertifikasi keahlian dan keterampilan dalam pengerjaan proyek pemerintah. Serta melalui beberapa upaya penerapan metoda penyampaian dokumen penawaran, metoda evaluasi penawaran, metoda pemilihan penyedia jasa/ kontraktor baik melalui pelelangan umum, terbatas, langsung ataupun melalui penunjukan langsung dan jenis kontrak yang paling tepat atau cocok dengan jasa konstruksi yang bersangkutan. Permasalahan yang ada yaitu ketidakprofesionalan pekerja konstruksi, tidak adanya pengaturan mengenai subkontraktor sebagai pihak mutlak yang harus dilibatkan dalam pelaksanaan proyek pemerintah yang termasuk kategori pekerjaan kompleks dan kurangnya kepedulian terhadap sistem sertifikasi profesi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Endang Mintorowati, SH
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum