Penulis Utama : Fitri Kurniawati DS.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Ketepatan penentuan harga pokok produksi dengan metode job order costong pada CV Adinugraha
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2005
Kolasi : xii, 64 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM F3302043
Subyek : HARGA POKOK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

CV ADINUGRAHA adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang percetakan, dengan produk yang dihasilkan berupa LKS, buku paket, kalender dan pamflet. Perusahaan ini berproduksi berdasarkan pesanan sehingga dalam menentukan harga pokok produksinya bersamaan dengan adanya pesanan yang masuk dari pihak luar. Penentuan harga pokok produksi di muka tersebut digunakan agar perusahaan dapat menentukan laba minimal yang diharapkan.

Biaya produksi merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Biaya produksi terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Penghitungan biaya bahan baku ditentukan dengan mengalikan kuantitas bahan baku yang dipakai dengan harga perolehan bahan baku. Perhitungan biaya tenaga kerja langsung ditentukan dengan mengalikan jumlah karyawan yang mengerjakan tiap pesanan dengan jumlah hari yang digunakan untuk mengerjakan pesanan dengan tarif upah per harinya. Penentuan besarnya biaya overhead pabrik ditentukan berdasarkan tarif di muka yang didasarkan pada prosentase dari biaya bahan baku.

Pada penelitian ini, penulis mengevaluasi produk CV ADINUGRAHA yaitu untuk pesanan LKS CERMAT dan buku paket Sejarah. Hasil analisis yang penulis lakukan menemukan bukti bahwa penentuan harga pokok pesanan untuk LKS CERMAT sudah dilakukan secara tepat dengan pembebanan tarif biaya overhead pabrik berdasar pada biaya bahan baku meskipun terdapat selisih yang bernilai kecil antara penulis dan perusahaan. Sedangkan untuk buku paket Sejarah, perusahaan belum tepat dalam menentukan harga pokok pesanan dengan pembebanan tarif biaya overhead pabrik berdasarkan biaya bahan baku. Dilihat dari proses produksi yang banyak dilakukan secara manual, seharusnya CV ADINUGRAHA dalam membebankan tarif biaya overhead pabrik untuk pesanan buku paket sejarah lebih tepat jika didasarkan pada biaya tenaga kerja langsung.

Bukti yang penulis peroleh mendasari penulis untuk mengajukan saran dan rekomendasi pada CV ADINUGRAHA bahwa dalam penentuan harga pokok pesanan kepada pemesan hendaknya tidak hanya didasarkan pada biaya produksinya, tetapi perlu dilakukan identifikasi tersendiri atas biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik dibebankan agar harga pokok pesanan yang ditentukan menjadi tepat sesuai dengan masing-masing pesanan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Evi Gantyowati, M.Si, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis