Penulis Utama : Yatik Sriningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh desain kompensasi-insentif terhadap kinerja tenaga produksi dengan motivasi kerja sebagai Variabel intervening
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Jur. Akuntansi-F.0301088-2005
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK

Penelitian ini mencoba mereplikasi penelitian yang dilakukan oleh Brownell dan McInnes dengan merubah variabel independennya menjadi desain kompensasi-insentif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti secara empiris bahwa (1) desain kompensasi-insentif berpengaruh terhadap motivasi kerja, (2) motivasi kerja bisa berperan sebagai variabel intervening dalam hubungan antara desain kompensasi insentif dengan kinerja tenaga produksi, dan (3) piece work plans merupakan faktor dominan dalam desain kompensasi-insentif yang berpengaruh terhadap kinerja tenaga produksi.

Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada tenaga produksi pada perusahaan manufaktur di Jawa Tengah. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling method. Jumlah kuesioner yang dibagikan sejumlah 300 buah, kembali sebanyak 88 buah, dan yang memenuhi syarat untuk dianalisis lebih lanjut sebanyak 77 buah.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan program SPSS 11.0. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut. (1) desain kompensasi-insentif berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, (2) motivasi kerja tidak dapat berperan sebagai variabel intervening pada pengaruh desain kompensasi-insentif terhadap kinerja tenaga produksi, dan (3) team or group incentive plan merupakan faktor dalam desain kompensasi-insentif yang memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja tenaga produksi.

File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Evi Gantyowati, M. Si., Ak
Catatan Umum : 2697/2005
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis