Penulis Utama : Sri Hartana Sasiati Ningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis segmen pasar dan penetapan pasarsasaran di Asia Makmur Supermarket Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3202088
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penulisan tugas akhir ini ialah untuk mengetahui siapa segmen pasar Asia Makmur Supermarket Boyolali. Selain itu juga diharapkan dapat diketahui strategi yang digunakan oleh manajemen Asia Makmur Supermarket Boyolali dalam memilih pasar sasaran yang dituju. Segmentasi yang dipakai dalam penelitian ini terdiri dari demografi yaitu jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan, penghasilan, siklus hidup keluarga, ukuran keluarga. Juga diukur dengan perilaku yaitu status kesetiaan dan manfaat (alasan utama berbelanja di supermarket), serta geografis yaitu tingkat pencapaian lokasi dari konsumen itu sendiri.

Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Asia Makmur Supermarket Boyolali. Analisis yang dipakai adalah analisis diskriptif dan alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah tabel distribusi frekuensi dan diagram pie untuk memepermudah menggambarkan kondisi sebenarnya perusahaan yang diteliti.

Kesimpulan dari analisis data penelitian ini adalah sebagai berikut: mayoritas konsumen berjenis kelamin perempuan (72%), dengan usia antara 20 – 30 tahun (40%), pekerjaannya adalah pelajar dan mahasiswa (53%), tingkat pendidikan terakhir adalah SLTA (50%). penghasilan perbulan kurang dari Rp 500.000 (79%), berstatus belum kawin (70%), dengan ukuran keluarga 3-4 dan lebih dari 5 (41%). Dengan tingkat kesetiaan (loyalitas) adalah setia( 55%). Alasan utama berdasar manfaat yang dicari adalah karena harga murah (39%). Dan sebagian besar konsumen tingkat pencapaian lokasinya kurang dari 4 km (43%). Strategi sasaran dari pemasaran yang diterapkan Asia Makmur Supermarket adalah undifferentiated marketing yaitu strategi pemasaran yang tidak membedakan segmen pasarnya. Strategi tersebut dilakukan dalam rangka menekan biaya operasional perusahaan dan mencapai target keuntungan yang telah ditetapkan.

Saran-saran berdasarkan hasil analisis data penelitian adalah 1). Melengkapi toko dengan produk baru dan menjaga tersedianya produk dietalase, 2). Melibatkan pembelian impluse dan pembelian tidak terencana, 3). Penjualan di dalam toko yang lebih agresif, 4. Peningkatan pelayanan, 5. Pemberian potongan penjualan, 6. Promosi yang lebih gencar.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Karsono, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis