Penulis Utama : Sandi Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Kebijakan pemasaran yang diterapkan pada perusahaan roti Villa’s di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2005
Kolasi : xiv, 76 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM F3202175
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Adanya persaingan yang semakin kompetitif dalam berbagai jenis usaha saat ini akan menimbulkan beberapa dampak bagi para pelaku usaha yang bergerak didalamnya. Dampak positif akan diterima bagi para pelaku usaha yang justru terdorong untuk selalu menjalankan usaha yang berorientasi pasar. Sedangkan bagi para pelaku usaha yang hanya berorientasi pada produk semata akan menerima dampak negatif dari peristiwa tersebut.

Persaingan tersebut berlangsung dengan adanya perebutan pembeli bagi produk yang dijualnya. Dengan demikian para pelaku usaha harus mengerti bahwa produk yang dijualnya harus dapat memberi manfaat bagi pembeli yakni untuk memuaskan selera/kebutuhannya. Salah satu pelaku usaha yang mengerti hal tersebut adalah Bapak Zakharia Budijanto yang saat ini menjadi pemilik dari perusahaan roti Villa’s di Surakarta.

Perusahaan melakukan perencanaan produk dengan cara menentukan jenis produk melalui strategi product line dan menentukan tingkat kelas produk melalui strategi kelas produk menengah serta menyesuaikan dengan selera konsumen melalui strategi variasi produk dalam bentuk, rasa, ukuran dan warna. Kemudian pengembangan produk dilakukan melalui strategi inovasi produk. Lalu ditetapkan lebih dari satu harga untuk setiap jenis produk karena perusahaan menggunakan beberapa lembaga distribusi dalam memasarkan produk yang dihasilkannya dan ditetapkan harga dibawah pesaing atas dasar bentuk persaingan bebas yang dihadapi oleh perusahaan serta harga ditetapkan dengan metode cost plus pricing. Perusahaan menggunakan saluran distribusi langsung untuk memasarkan semua lini produk berupa roti kering, roti basah, dan roti bakery. Saluran distribusi tak langsung juga digunakan untuk memasarkan roti kering melalui agen dan pengecer, lalu untuk roti bakery dan roti basah hanya melalui pengecer. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan menggunakan metode personal selling yaitu dengan melakukan penjualan yang komunikatif yang mengutus tenaga penjualan yang dapat berkomunikasi dengan konsumen sehingga dapat mengetahui keinginan/kebutuhan konsumen. Lalu juga menggunakan metode promosi penjualan yang dilakukan dengan mencantumkan merk, alamat dan nomor telepon perusahaan pada bungkus dan dos roti tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kebijakan pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan roti Villa’s dapat meningkatkan volume penjualan yang dicapai serta perolehan omzet penjualan dari produk yang dihasilkan meningkat dari tahun ke tahun.

Saran yang dapat penulis berikan agar kebijakan pemasaran itu tetap dijalankan dan dipertahankan tetapi juga dapat diadakan perubahan dengan memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya yaitu struktur ekonomi, kondisi politik, kondisi persaingan, struktur organisasi, dan teknologi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Sarosa
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis