Penulis Utama : Muhammad Ghufran
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Peran muhammadiyah karanganyar di bidang pendidikan dasar dan menengah Tahun 1972-2004
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0501043
Subyek : MUHAMMADIYAH-ASPEK PENDIDIKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Apakah yang melatarbelakangi didirikannya Muhammadiyah? (2) Bagaimanakah perkembangan Muhammadiyah Karanganyar tahun 1936-2004? (3) Bagaimanakah peranan Muhammadiyah Karanganyar dalam bidang pendidikan tahun 1972-2004?

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui latar belakang didirikannya Muhammadiyah, (2) Mengetahui perkembangan Muhammadiyah Karanganyar tahun 1936-2004, dan (3) Mengetahui peranan Muhammadiyah Karanganyar dalam bidang pendidikan tahun 1972-2004.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis dan bersifat deskriptif analitis yang berusaha mendeskripsikan serta menganalisis tentang Muhammadiyah di Karanganyar pada tahun 1972-2004. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan sumber-sumber sejarah secara efektif, menilainya secara kritis dan mengajukan sintesis dari hasil-hasil yang dicapai dalam bentuk tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Dari hasil pengumpulan data, kemudian data dianalisis dan diinterpretasikan berdasarkan kronologisnya.

Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal: (1) Ada empat faktor yang melatarbelakangi pendirian Muhammadiyah. Pertama, aspirasi Ahmad Dahlan dalam menerapkan ilmu-ilmu agama Islam yang dimilikinya kepada masyarakat. Kedua, kondisi masyarakat saat itu masih jauh dari perilaku yang Islami. Ketiga, kondisi pendidikan di Indonesia saat itu sangat eksklusif. Keempat, upaya Belanda menghancurkan perlawanan rakyat Indonesia melalui Politik Islamnya. (2) Perkembangan Muhammadiyah Karanganyar menunjukkan peningkatan sejak kepemimpinan H. Abdul Basir tahun 1982-2000 yang ditunjukkan dengan banyaknya pendirian amal-amal usaha Muhammadiyah di bidang ekonomi, kesehatan masyarakat dan pendidikan. (3) Peranan Muhammadiyah Karanganyar dalam bidang pendidikan sejak tahun 1972-2004, lima tahun terakhir (2000-2004) mengalami perubahan minat masyarakat Karanganyar menyekolahkan anak-anaknya, dari SMA ke SMK. Selain itu adanya sekolah unggulan dan sekolah negeri lebih dipilih masyarakat dari sekolah-sekolah Muhammadiyah. Untuk mengantisipasi terhadap terjadinya penurunan dilakukan berbagai upaya oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, dengan mengadakan program khusus, seleksi guru-guru, dan bantuan finansial.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Agus, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa