Penulis Utama : Rita Anjarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Idiom berunsur nama bagian tubuh manusia dalam Bahasa Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0201052
Subyek : BAHASA INDONESIA-IDIOM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

2005. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Apa sajakah unsur pembentuk INBTM? (2) Bagaimanakah tipe-tipe susunan INBTM berdasarkan adanya afiks? (3) Bagaimanakah hubungan makna antara afiks pada INBTM dan makna idiomatikalnya?

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur-unsur pembentuk INBTM, Mendeskripsikan tipe-tipe susunan INBTM berdasarkan adanya afiks, dan mendeskripsikan hubungan makna antara afiks pada INBTM dan makna idiomatikalnya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian mencakup keseluruhan idiom dalam bahasa Indonesia. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah INBTM dalam KBBI edisi ketiga tahun 2001 dan Kamus Idiom Bahasa Indonesia (1993) oleh Abdul Chaer.

Analisis deskriptif diterapkan untuk memerikan atau memaparkan semua fenomena yang terjadi seperti apa adanya yaitu nama NBTM sebagai pembentuk INBTM, tipe-tipe susunan INBTM berdasarkan adanya afiks, dan hubungan makna antara afiks pada INBTM dan makna idiomatikalnya.

Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) Nama NBTM sebagai pembentuk INBTM meliputi alis, badan, bahu, betis, bibir, bulu, dada, daging, dagu, darah, gigi, geraham, gusi, hati, hidung, jantung, jari, janggut, jempol, kaki, kening/dahi, kepala, kerongkongan, ketiak, kuku, kulit, lambung, leher, lengan, lidah, lutut/dengkul, mata, muka, mulut, otak, otot, paha, pantat, paru-paru, perut, pinggang, rambut, tangan, telinga, tulang, dan urat. (2) Tipe-tipe susunan INBTM bedasarkan adanya afiks adalah Afiks Me(N)- meliputi dua tipe susunan INBTM yaitu me(N)-PK + NBTM dan me(N)-N + NBTM. Gabungan afiks Me(N)-kan meliputi tiga tipe susunan INBTM yaitu me(N)-V/PK-kan + NBTM, me(N)-Adj-kan + NBTM, dan me(N)-N-kan + NBTM. Afiks Ter- meliputi tiga tipe susunan INBTM yaitu ter-V/PK + NBTM, ter-N + NBTM, dan ter-Adj + NBTM. Afiks –an hanya memiliki satu tipe susunan yaitu PK–an + NBTM. Afiks pe(N)- hanya memiliki satu tipe susunan INBTM yaitu pe(N)- + NBTM. Afiks se- hanya memiliki satu tipe susunan INBTM yaitu se- + NBTM. Gabungan afiks ke-an hanya memiliki satu tipe susunan INBTM yaitu ke-an + NBTM. (3) Analisis data yang dilakukan mengenai hubungan makna antara afiks pada INBTM dan makna idiomatikalnya adalah sebagian menunjukkan keselarasan makna yaitu makna idiomatikal dari INBTM memiliki kesamaan dengan makna afiks pada INBTM dengan ciri bahwa INBTM tersebut dapat diperbandingkan dengan konstruksi serupa pada kalimat bermakna leksikal. Sebaliknya sebagian menujukkan ketidakselarasan makna yaitu makna idiomatikal dari INBTM tidak sama dengan makna afiks pada INBTM dengan ciri bahwa INBTM tersebut tidak dapat diperbandingkan dengan konstruksi serupa pada kalimat bermakna leksikal.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Henry Yustanto, M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa