Penulis Utama : Stefanus Aries Hendrayana Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh variabel keuangan terhadap harga pasar saham setelah penawaran umum saham perdana
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : xv, 51 hal.:ilus.,lamp.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1303041
Subyek : SAHAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Go public merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan tambahan dana dalam rangka pengembangan usahanya. Go public juga dimaksudkan untuk memperkuat modal kerja perusahaan. Salah satu cara yang sering dilakukan oleh perusahaan yang akan go public yaitu dengan penawaran umum penjualan saham perdana atau sering disebut dengan Initial Public Offering. Sebelum perusahaan tersebut melakukan IPO, biasanya perusahaan tersebut mengeluarkan prospektus perusahaan. Prospektus ini berfungsi sebagai media komunikasi antara emiten dan investor. Informasi yang diungkapkan ini akan membantu investor dalam mengambil keputusan yang rasional mengenai resiko dan nilai saham sesungguhnya yang ditawarkan oleh emiten. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian untuk menganalisis variabel keuangan yang terdapat dalam prospektus perusahaan seperti : ROE, ROI, EPS, DER dan proyeksi PER.

Penelitian yang dilakukan ini bersifat replika, hanya mengganti beberapa variabel yang belum pernah digunakan dan memperpanjang periode pengamatan serta menambah jumlah sampel. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh variabel keuangan yang diungkapkan dalam prospektus perusahaan yaitu : ROE, ROI, EPS, DER dan Proyeksi PER terhadap Harga Pasar Saham setelah Penawaran Umum Saham Perdana.

Dalam penelitian ini, diketahui bahwa variabel keuangan yang berpengaruh terhadap harga pasar saham setelah IPO adalah variabel EPS dan Proyeksi PER. Hasil analisis menunjukkan bahwa laba per lembar saham berpengaruh signifikan terhadap harga pasar saham. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian koefisien regresi secara parsial yang signifikan pada tingkat 1%, disamping itu variabel Proyeksi PER juga berpengaruh signifikan pada tingkat 10% dan 5% pada hari ke dua perdagangan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Doddy Setiawan, SE, M.Si, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis