Penulis Utama : Ratna Wardaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh persepsi pada etika organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan (studi pada karyawan perusahaan tekstil kusumatex Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200091-2004
Subyek : MANAJEMEN PERSONALIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini ingin membahas tentang pengaruh persepsi pada etika organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Sehubungan dengan hal tersebut, diajukan hipotesis sebagai berikut (1)persepsi tentang dukungan manajemen puncak pada perilaku etika berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan perusahaan tekstil “Kusumatex” Yogyakarta, (2)persepsi tentang iklim etika berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan perusahaan tekstil “Kusumatex” Yogyakarta, (3)persepsi tentang assosiasi perilaku etika dengan kesuksesan karir berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan perusahaan tekstil “Kusumatex” Yogyakarta, (4)persepsi pada etika organisasi (dukungan manajemen puncak pada perilaku etika, iklim etika, assosiasi perilaku etika dengan kesuksesan karir) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan perusahaan tekstil “Kusumatex” Yogyakarta.

Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan perusahaan tekstil “Kusumatex” Yogyakarta sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan menggunakan metode proportional random sampling. Kemudian data yang telah terkumpul diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui seberapa cermat dan konsisten alat ukur yang digunakan.

Analisis data meliputi analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif yang digunakan yaitu analisis regresi berganda menggunakan variabel dummy, uji F, uji t dan uji R2. Variabel iklim etika merupakan variabel kategori yang terdiri dari egoistic, benevolent dan principled sehingga digunakan variabel dummy, dimana egoistic sebagai kategori dasar. Tanggapan responden menunjukkan bahwa secara umum karyawan perusahaan tekstil “Kusumatex” Yogyakarta merasakan dukungan yang sedang dari manajemen puncak pada perilaku etika, iklim etika yang cenderung benevolent dan juga diwarnai iklim etika egoistic, serta assosiasi yang sedang perilaku etika dengan kesuksesan karir yang.

Hasil analisis regresi berganda adalah  sebagai berikut : Y =19,033 + 1,104X1 + 5,658X2 + 4,351X3 + 1,290X4 . Ini berarti ada pengaruh antara persepsi tentang dukungan manajemen puncak pada perilaku etika, iklim etika, dan assosiasi perilaku etika dengan kesuksesan karir terhadap kepuasan kerja. Dapat diketahui pula bahwa iklim etika yang cenderung benevolent memberikan tingkat kepuasan kerja yang paling tinggi daripada iklim etika yang lainnya. Dari uji F diperoleh F hitung > F tabel yaitu F hitung sebesar 30,538 dan F tabel sebesar 2,45. Dapat diartikan bahwa persepsiu tentang dukungan manajemen puncak pada perilaku etika, iklim etika, dan assosiasi perilaku etika dengan kesuksesan karir secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Dari uji t diperoleh bahwa t- hitung > t tabel, yaitu t hitung sebesar 4,283 dan 5,354 dan 3,813 dan 7,022 sedangkan t tabel sebesar 0,198. Ini berarti bahwa persepsi tentang dukungan manajemen puncak pada perilaku etika, iklim etika, dan assosiasi perilaku etika dengan kesuksesan karir secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Variabel assosiasi perilaku etika dengan kesuksesan karir memiliki pengaruh dominan dalam penelitian ini. Dari uji R2 dihasilkan bahwa persepsi tentang dukungan manajemen puncak pada perilaku etika, iklim etika, dan assosiasi perilaku etika dengan kesuksesan karir berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 54,4%, sedangkan 45,6% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi tentang dukungan manajemen puncak pada perilaku etika, iklim etika, dan assosiasi perilaku etika dengan kesuksesan karir berpengaruh secara bersama-sama dan parsial terhadap kepuasan kerja karyawan perusahaan tekstil “Kusumatex” Yogyakarta yang tergolong tinggi. Saran yang dapat dikemukakan adalah perusahaan perlu meningkatkan dukungan manajemen puncak pada perilaku etika dan assosiasi perilaku etika dengan kesuksesan karir yang dinilai masih sedang. Perusahaan sebaiknya juga cenderung pada iklim etika benevolent, dan juga perusahaan sebaiknya menyatakan serta menerapkan dengan jelas dan etika yang berlaku agar karyawan dapat bersikap dan berperilaku sesuai dengan yang diharapkan perusahaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sinto Sunaryo, SE. Msi.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis