Penulis Utama : Danang Wahyu Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh tempat perziarahan Gua Maria Kerep terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kerep, Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang tahun 1981-2004
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : xiii, 110 hal.:ilus.,lamp.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0501018
Subyek : SOSIAL, KEADAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Sebab-sebab apakah yang melatar belakangi didirikannya Gua Maria Kerep Ambarawa? (2) Bagaimana aktivitas peziarah saat berada di Gua Maria Kerep Ambarawa? (3) Bagaimana peranan Gua Maria Kerep Ambarawa terhadap perkembangan sosial ekonomi masyarakat?

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui sebab-sebab yang melatar belakangi didirikannya Gua Maria Kerep Ambarawa, (2) Mengetahui perilaku peziarah saat berada di Gua Maria Kerep Ambarawa, (3) Mengetahui peranan Gua Maria Kerep Ambarawa terhadap perkembangan sosial ekonomi masyarakat.

Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi empat tahap, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi,dan historiografi. Informasi – informasi yang terkumpul kemudian dikritik sehingga menghasilkan fakta – fakta. Fakta – fakta tersebut diinterpretasikan dan kemudian ditulis dalam sebuah cerita sejarah atau historiografi. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, dan dokumen, sedangkan untuk sumber data penulis menggunakan informan dan kepustakaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan Gua Maria Kerep sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kerep pada khususnya dan Desa Panjang pada umumnya. Kehidupan perekonomian masyarakat Kerep terangkat sejalan dengan kemajuan Gua Maria Kerep, masyarakat lebih memiliki banyak pilihan dalam bermata pencaharian sehingga pendapatan merekapun meningkat. Seiring dengan kemajuan Gua Maria Kerep dan peningkatan perekonomian masyarakat kehidupan sosialpun mengalami pergeseran dengan perubahan-perubahan pada stratifikasi sosial, masyarakat Kerep mempunyai kesempatan untuk meningkatkan status sosialnya dalam masyarakat dan perubahan pada pola interaksi masyarakat Kerep.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Sawitri Pri P. M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa