Penulis Utama : Eka Nova Sulistiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh kualitas telepon seluler terhadap kepuasan konsumen merk nokia (survey di kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200046-2004
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kualitas produk telepon seluler merek Nokia terhadap kepuasan konsumen telepon seluler merek Nokia, untuk mengatahui apakah terdapat pengaruh performance, reliability, durability, dan aesthetics secara individu terhadap kepuasan konsumen dan juga untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh performance, reliability, durability, dan aesthetics secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen. Sehubungan dengan masalah tersebut maka diajukan hipotesis sebagai berikut : konsumen belum merasa puas terhadap kualitas dari telepon seluler merk Nokia, terdapat pengaruh performance, reliability, durability, dan aesthetics secara individu terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh performance, reliability, durability, dan aesthetics secara bersama - sama terhadap kepuasan konsumen.

Sejalan dengan masalah tersebut dan berdasarkan hipotesis penelitian, maka penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode survey dengan sampel yang diambil adalah 100 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis validitas, analisis reliabilitas, indeks kepuasan konsumen, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2).

Dari pengukuran indeks kepuasan konsumen didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan konsumen belum merasa puas terhadap kualitas produk telepon seluler merek Nokia. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata SQ yang masih menghasilkan nilai negatif yaitu sebesar -1,76. Dengan demikian hipotesis pertama diterima. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh performance, reliability, durability, dan aesthetics secara individu terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji t (uji regresi parsial) dengan taraf signifikansi 5 % terhadap masing – masing nilai t hitung . Masing – masing variabel memiliki nilai t hitung yang lebih besar dari nilai t tabel . Untuk variabel performance memiliki t hitung sebesar 4,238, variabel reliability memiliki t hitung sebesar 4,782, variabel durability mempunyai t hitung sebesar 3,422, dan variabel aesthetics memiliki t hitung sebesar 5,275, sedangkan nilai t tabel sebesar 1,96, dengan signifikansi < 5% untuk masing-masing variabel kualitas produk telepon seluler. Maka terbukti secara parsial (individu) dimensi kualitas produk telepon seluler yang terdiri dari performance, reliability, durability, dan aesthetics memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen telepon seluler sehingga hipotesis kedua dapat diterima. Dari hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh performance, reliability, durability, dan aesthetics secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 57,735 dan hasil uji F ( uji regresi serempak ) dengan taraf signifikansi 5 % menghasilkan nilai F tabel 2,53. Karena nilai F hitung > F tabel dan nilai signifikansi 0,00, maka kriteria H0 ditolak , artinya terdapat pengaruh performance, reliability, durability, dan aesthetics secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen. Jadi hipotesis ketiga dapat diterima. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,696. Artinya bahwa 69,6% variasi variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variasi variabel performance, reliability, durability, dan aesthetics sedangkan sisanya yaitu 30,4 % tidak dapat dijelaskan. Dengan kata lain pengaruh performance, reliability, durability, dan aesthetics terhadap kepuasan konsumen adalah 69,6% dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 30,4%.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan bahwa konsumen belum merasa puas terhadap kualitas produk telepon seluler merek Nokia dapat diterima. Hal ini disebabkan masih ada harapan-harapan konsumen yang belum terpenuhi oleh produk tersebut. Untuk hipotesis kedua yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh performance, reliability, durability, dan aesthetics secara individu terhadap kepuasan konsumen juga dapat diterima. Sedangkan untuk hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh performance, reliability, durability, dan aesthetics secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen juga dapat dterima. Saran yang dikemukakan adalah perusahaan hendaknya meningkatkan kinerja pada faktor durability, menjaga kinerjanya pada faktor performance, reliability, dan aesthetics, selain itu Nokia perlu lebih mengevaluasi dan menjaga kualitas produk, sehingga akan ditemukan alternatif yang tepat untuk meluncurkan produk dan menunjukkan image Nokia sehingga citra produk Nokia akan terjaga dengan baik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis