Penulis Utama : Yusron Arofah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis efektivitas iklan serial deterjen surf terhadap respon konsumen di kota Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299116-2004
Subyek : ADPERTENSI (IKLAN)
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah variabel pesan iklan serial (isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan) secara individu memiliki pengaruh terhadap konsumen pada tahap dalam model hirarki-efek, apakah variabel pesan iklan serial (isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan) secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap konsumen pada tahap dalam model hirarki-efek dan variabel manakah dari pesan iklan serial (isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan) yang paling berpengaruh terhadap konsumen pada tahap dalam model hirarki-efek.

Hipotesis yang diajukan penulis adalah diduga terdapat pengaruh dari variabel pesan iklan serial (isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan) secara individu terhadap konsumen pada tahap dalam model hirarki-efek, diduga terdapat pengaruh dari variabel pesan iklan serial (isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan) secara bersama-sama terhadap konsumen pada tahap dalam model hirarki-efek dan diduga variabel isi pesan iklan serial memberikan pengaruh paling besar terhadap konsumen pada setiap tahap dalam model hirarki-efek.

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan mengambil populasi penduduk Kota Magelang yang berusia minimal 17 tahun dan pernah melihat iklan serial deterjen Surf di televisi. Untuk pembuktian hipotesis digunakan sampel penelitian yang diambil dengan cara purposive sampling dengan kuota karena probabilitas dari elemen populasi yang dipilih tidak diketahui dan dikarenakan adanya keharusan untuk menyesuaikan diri dengan kriteria tertentu. Berdasarkan hasil perhitungan sampel diperoleh 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian data (uji validitas dan uji reliabilitas) dan pengujian hipotesis (uji t, uji F dan uji determinasi).

Berdasarkan hasil pengujian data menunjukkan bahwa semua butir pertanyaan adalah valid. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel dengan critical value 0,361. Sedangkan uji reliabilitas pada variabel pesan iklan serial dan respon konsumen adalah reliabel. Hal ini ditunjukkan dari nilai cronbach’s alpha masing-masing variabel diatas 0,8. Hipotesis pertama diuji dengan menggunakan uji parsial (uji t), diperoleh hasil bahwa semua variabel yang mempengaruhi respon kosumen pada tahap model hirarki-efek, yaitu isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan berpengaruh signifikan dan positif terhadap respon konsumen pada tahap model hirarki-efek. Indikasi ini ditunjukkan dari nilai t hitung yang lebih besar daripada nilai t tabel, yaitu 2,045. Hipotesis kedua diuji dengan menggunakan uji secara bersama-sama (uji F), diperoleh hasil bahwa secara serempak variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan berpengaruh signifikan dan positif terhadap respon konsumen pada tahap model hirarki-efek. Indikasi ini ditunjukkan dari nilai F hitung yang lebih besar daripada nilai F tabel, yaitu 2,53. Hipotesis ketiga dibuktikan dengan membandingkan koefisien isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan pada tiap tahap model hirarki-efek, diperoleh variabel pesan iklan serial yang paling dominan dalam mempengaruhi respon konsumen, yaitu isi pesan. Hal tersebut dibuktikan, bahwa variabel isi pesan berpengaruh paling dominan dibandingkan variabel pesan yang lain pada tahap kesadaran, pengetahuan, kesukaan, preferensi, keyakinan dan pembelian.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa semua butir pertanyaan dalam kuesioner dan variabel yang diteliti adalah valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan mempengaruhi respon konsumen pada tahap model hirarki-efek baik secara parsial maupun secara serempak. Variabel yang paling dominan mempengaruhi respon konsumen pada tahap model hirarki-efek adalah isi pesan. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran yaitu agar tetap mempertahankan variabel isi pesan iklan yang sudah ada dan diharapkan pesan iklan dapat lebih menjelaskan nilai tambah dan kekuatan yang dimiliki oleh produk.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto MBA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis