Penulis Utama : Arie Setyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Sistem penganggaran sebagai alat pengendalian manajemen studi kasus:global islamic school
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : xiii, 93 hal.: ilus.,lamp.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1302025
Subyek : MANAJEMEN SEKOLAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sistem penganggaran memiliki peran yang penting dalam pencapaian tujuan perusahaan. Keberhasilan anggaran untuk mendukung tujuan perusahaan dapat ditentukan dari sejauh manakah anggaran dapat memenuhi fungsi-fungsinya. Hal ini tidak terlepas dari sistem penganggaran yang direncanakn dengan baik. Permasalahan yang dihadapi adalah apakah sistem penganggaran yang diterapkan perusahaan dapat digunakan sebagai alat perencanaan dan pengendalian manajemen untuk mencapai tujuan perusahaan secara optimal. Pembahasan masalah hanya dibatasi pada anggaran biaya, bukan anggaran pendapatan.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus di Global Islamic School, khususnya sistem penganggaran Global Islamic School. Manajemen kas yang efektif memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Kegagalan dalam menyediakan sumber daya kas untuk memenuhi kebutuhan yang jatuh tempo merupakan salah satu penyebab kegagalan usaha yang paling umum. Penyebab dari kesulitan keuangan yang dihadapi GIS adalah belum adanya perencanaan dan pengendalian kas yang baik. Baru pada tahun ketiga, GIS memiliki penganggaran yang dibuat oleh tiap-tiap unit sekolah.

            Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem penganggaran membantu manajemen melaksanakan fungsi pengendalian dengan membandingkan standar yang ditetapkan dengan hasil aktual yang dicapai (realisasinya). Apabila terdapat penyimpangan antara anggaran dan realisasinya, dapat dianalisis penyimpangan tersebut untuk perbaikan di masa mendatang. Berdasar realisasi anggaran selama tiga bulan pertama, menunjukkan bahwa secara keseluruhan varians yang terjadi semakin menurun. Hal ini menunjukkan adanya kemauan dari para pelaksana untuk mematuhi anggaran yang telah ditetapkan. Para pelaksana berusaha bekerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

            Dari hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa sistem penganggaran GIS sudah dapat diterapkan sebagai alat perencanaan yang baik, selaras dengan visi, misi, dan program sehingga tidak hanya bersifat jangka pendek. Sistem penganggaran GIS telah terdapat organisasi yang baik, yang memisahkan fungsi penyusunan, penelaahan dan pengesahan rancangan anggaran. Sementara fungsi pengendalian dan evaluasi kurang dapat berjalan dengan baik karena belum diterapkannya sistem akuntansi pertanggungjawaban pada struktur fungsional. Berdasar kesimpulan tersebut, saran untuk meningkatkan efektifitas sistem penganggaran GIS adalah perlu adanya laporan realisasi anggaran yang merupakan alat pengendalian terhadap pelaksanaan aktifitas yang telah dianggarkan. Masing-masing unit organisasi melaporkan realisasi anggaran dan menganalisis sebab-sebab terjadinya penyimpangan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Yasmin Umar Assegaf,Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis