Penulis Utama : Widhiana hestining Puri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Usaha-usaha Bank Indonesia dalam menanggulangi peredaran uang palsu di Indonesia berdasarkan ketentuan pasal 244 dan 245 KUHP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi : x, 64 hal.:lamp.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0002047
Subyek : BANK DAN PERBANKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan Bank Indonesia dalam menanggulangi peredaran uang palsu di Indonesia berdasarkan ketentuan Pasal 244 dan 245 KUHP serta mengetahui hambatan-hambatan yang dialami Bank Indonesia dalam melaksanakan usaha-usaha untuk menanggulangi peredaran uang palsu di Indonesia.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Apabila dilihat dari tujuannya termasuk dalam penelitian hukum empiris / non doktrinal. Lokasi penelitian ini bertempat dikantor Bank Indonesia Cabang Solo. Jenis data yang dipergunakan disini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah melalui observasi, wawancara serta penelitian kepustakaan baik berupa peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen maupun literatur yang berkaitan dengan permasalahan diatas. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa usaha-usaha yang dilakukan Bank Indonesia menanggulangi peredaran uang palsu di Indonesia berdasarkan ketentuan Pasal 244 dan 245 KUHP meliputi uasaha untuk memperkuat lembaga Bank Indonesia sendiri baik melalui penerbitkan Peraturan Bank Indonesia ( PBI ) yang memuat tentang Pelaporan dan Kerjasama Penanggulangan Uang Palsu. Khususnya pada Bab VII Pasal 14, 15, dan 16 PBI No.6/14/PBI/2004 tanggal 22 Juni 2004 tentang Pengeluaran, Pengedaran, Pencabutan dan Penarikan, Serta Pemusnahan Uang Rupiah, menerbitkan uang rupiah dengan spesifikasi yang khusus sehingga sulit ditiru oleh masyarakat, melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai tanda-tanda keaslian uang serta menjalin dan meningkatkan hubungan kerja-sama yang erat dan berkesinambungan antara Bank Indonesia dengan aparat penegak hukum. Adapun beberapa hambatan yang dialami oleh Bank Indonesia seperti : Jumlah petugas yang melakukan pengadministrasian ini biasanya hanya berjumlah 1 orang dan juga merupakan petugas kas. Jadi dapat dipastikan bahwa tugas yang harus dilakukan sangatlah banyak, hambatan dari masyarakat umumnya muncul karena kurangnya pemahaman masyarakat mengenai ciri-ciri keaslian uang rupiah, kurangnya komitmen dari bank-bank umum dan aparat penegak hukum untuk melaksanakan ketentuan dan kebijakan dari Bank Indonesia.

Implikasi teoritis dari penelitian ini adalah adanya peningkatan usaha-usaha yang bisa dilakukan oleh Bank Indonesia dalam menanggulangi peredaran uang palsu di Indonesia kearah minimalisasi jumlah uang palsu yang beredar di Indonesia. Sedangkan implikasi praktisnya adalah hasil ini penelitian ini dapat dipakai sebagai rujukan / masukan bagi Bank Indonesia dalam usahanya menanggulangi peredaran uang palsu di Indonesia.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Winarno Budyatmojo, S.H.,M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum