Penulis Utama : Bakhtiar Autodidak
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis tingkat kehalusan lubang pada proses pengeboran dengan mesin bor dan mesin bubut pada besi ST 37
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2003
Kolasi : 88 hal.
Sumber : UNS-Fak. FKIP NIM.K2500020
Subyek : PERMESINAN DALAM INDUSTRI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan tingkat kehalusan hasil pengeboran antara pengeboran dengan mesin bor dan pengeboran dengan mesin bubut pada besi ST 37. (2) Untuk mengetahui lebih halus manakah kualitas kehalusan dari hasil pengeboran dengan mesin bor dan pengeboran dengan mesin bubut.

            Penelitian ini menggunakan metode exsperimen dengan mengadakan percobaan untuk melihat suatu hasil. Dasar  penggunaan metode ini adalah dengan memberikan suatu perlakuan terhadap objek penelitian berupa pengeboran pada besi ST 37 dengan panjang  30 mm dan diameter benda kerja 1¼“ dengan menggunakan mesin bor dan mesin bubut. Dalam penelitian ini exsperimen ST 37 diambil sebanyak 10 buah yang di bagi menjadi dua kelompok masing–masing sampel 5 buah sampel, Kelompok pertama dilakukan proses pengeboran dengan menggunakan mesin bor sedangkan kelompok kedua dilkukan proses pengeboran dengan mesin bubut.

            Dalam penelitian ini dibandingkan tingkat kehalusan hasil pengeboran antara pengeboran dengan mesin bor dan pengeboran dengan mesin bubut. Maka mesin yang digunakan yaitu mesin bor dan mesin bubut merupakan variabel bebas dan tingkat kehalusan permukaan lubang bagian dalam hasil pengeboran merupakan variabel terikat. Sedangkan alat pengambilan data yang digunakan yaitu Surftest – 211 MITUTOYO. Namun sebelum dilakukan pengukuran, penampang lubang hasil pengeboran dengan kedua mesin dibagi menjadi empat titik dengan selisih 90°. Dari keempat titik inilah yang diukur nilai kekasaran rata–rata Ra. Dari masing–masing Ra didapatkan nilai Rz (kekasaran rata-rata Ra) yang menunjukan tingkat kekasaran benda tersebut.

            Uji statistik yang digunakan yaitu uji satu pihak (pihak kiri / uji t) yang membandingkan antara tingkat kehalusan hasil pengeboran dengan mesin bor dan pengeboran dengan mesin bubut. Dari hasil perhitungan statistik uji satu pihak didapatkan harga t hitung = 6,44. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan kualitas tingkat kehalusan lubang hasil pengeboran dengan mesin bor dan pengeboran dengan mesin  bubut, sedangkan berdasarkan hasil perbandingan mean akhir diketahui bahwa mean akhir angka kekasaran hasil pengeboran dengan mesin bor sebesar 7 μm dan bila menggunakan mesin bubut sebesar 10 μm. Hal ini berarti pengeboran dengan menggunakan mesin bor akan menghasilkan kualitas permukaan lubang yang lebih halus dibandingkan dengan kualitas lubang hasil pengeboran dengan mesin bubut.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. AY. Bardi,M.T
2. Drs. Karno.MW,S.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP