Penulis Utama : Anastasia Bidriyah Utari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh Penggunaan Metode Drill Disertai Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Mata Diklat Siklus Akuntansi Kelas 1 SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2005/2006
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2005
Kolasi : xvii, 90 hal.: ilus.,lamp.,tab.
Sumber : UNS-FKIP NIM.K7401045
Subyek : AKUNTANSI-STUDI DAN PENGAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pemakaian metode drill disertai pemberian tugas dapat menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pemakaian metode konvensional pada mata diklat siklus akuntansi kelas 1 di SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2005/2006, (2) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata diklat siklus akuntansi kelas 1 di SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2005/2006, (3) Pengaruh penggunaan metode mengajar yang disertai dengan pemberian tugas terhadap prestasi belajar yang ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas 1 di SMK Negeri 1Sukoharjo tahun ajaran 2005/2006.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2005/2006 sejumlah 240 siswa dari tiga program keahlian yaitu: akuntansi, administrasi perkantoran dan penjualan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas dengan jumlah 40 siswa (kelas kontrol) dan 40 siswa ( kelas eksperimen). Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling dengan cara mengambil 1 program keahlian dengan cara acak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi (anava) 2 jalan frekuensi sel tak sama, dilanjutkan uji Scheffe. Sebelum analisis dilakukan, didahului dengan uji keseimbangan, uji normalitas dan uji homogenitas.

Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) Hipotesis yang berbunyi “Pemakaian metode drill disertai pemberian tugas dapat menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pemakaian metode konvensional pada mata diklat siklus akuntansi kompetensi mengelola buku jurnal dan mengelola buku besar” teruji kebenarannya, sehingga dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Fhitung > Ftabel atau 13,76 > 4,08 pada taraf signifikansi 5% dengan db = 1. (2) Hipotesis yang berbunyi “Siswa yang mempunyai motivasi yang lebih tinggi menghasilkan prestasi belajar yang lebih tinggi pada mata diklat siklus akuntansi kompetensi mengelola buku jurnal dan mengelola buku besar” teruji kebenarannya, sehingga dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Fhitung > Ftabel atau 6,01 > 4,08 pada taraf signifikansi 5% dan db = 1. (3) Hipotesis yang berbunyi “Ada interaksi antara metode mengajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata diklat siklus akuntansi kompetensi mengelola buku jurnal dan mengelola buku besar” teruji kebenarannya, sehingga dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Fhitung > Ftabel atau 4,37 > 4,08 pada taraf signifikansi 5% dan db = 1. Hasil uji Scheffe di dapat ada beda rerata yang signifikan antara pemakaian metode drill disertai pemberian tugas dan ada beda rerata antara siswa yang mempunyai motivasi tinggi menghasilkan prestasi belajar yang lebih tinggi pada mata diklat siklus akuntansi kompetensi mengelola buku jurnal dan mengelola buku besar.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP