Penulis Utama : Sofia Wahidatul Husni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh publikasi laporan keuangan tahunan terhadap perubahan harga dan kegiatan perdagangan saham di Bursa Efek Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasar - 2005
Kolasi : xiii, 50 hal.: ilus.; tab.; lamp.; 30 cm
Sumber : UNS-Program Pascasarjana NIM. S 4104017-2005
Subyek : BURSA EFEK JAKARTA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh publikasi laporan keuangan tahunan terhadap perubahan harga dan kegiatan perdagangan saham di Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari JSX Statistic, database perpustakaan MM UNS, media massa cetak, dan Indonesia Capital Market Directory. Penentuan sampel mengggunakan purposive propotional random sampling, di mana kriteria yang digunakan adalah perusahaan yang aktif diperdagangkan, mempublikasikan laporan keuangan per-31 Desember 2004, dan mempunyai kelengkapan data. Sehingga diperoleh 95 perusahaan yang terpilih menjadi sampel.

Hipotesis yang diajukan adalah (i) diduga ada pengaruh yang signifikan publikasi laporan keuangan tahunan terhadap perubahan harga saham (ii) diduga ada pengaruh yang signifikan publikasi laporan keuangan terhadap kegiatan perdagangan saham. Untuk mengetahui perubahan harga sebagai akibat dari informasi yang dipublikasikan perusahaan, digunakan ukuran Abnormal Return (AR) dan untuk kegiatan perdagangan saham digunakan ukuran Trading Volume Activity (TVA). Metode analisis dalam penelitian ini adalah uji t (Paired Sample t test dan o ne Sample t test)

Hasil analisis menunjukkan bahwa (i) ada pengaruh yang signifikan publikasi laporan keuangan terhadap rata – rata AR pada taraf signifikansi 10% (ii) ada pengaruh yang signifikan publikasi laporan keuangan terhadap TVA pada taraf signifikansi 5%.

Saran – saran yang diajukan penulis adalah (i) perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sejauh mana pasar modal bereaksi terhadap informasi akuntansi, dengan pemilihan sampel yang lebih ketat untuk meminimalkan distorsi informasi dalam melihat informasi akuntansi (ii) diperlukan aturan baru untuk mendorong emiten mempercepat penyajian laporan keuangan tahunan, sehingga pelaku pasar dapat segera mengetahui informasi dari emiten.

 

 

Kata kunci: Publikasi laporan keuangan tahunan, Abnormal Return, Trading Volume Activity

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dr. Bambang Sutopo, M.Com., Akt.
2. Drs. Heru Agustanto, MS.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana