Penulis Utama : Nur Setya Asih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap PDRB Indonesia tahun 2003
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : xiv, 60 hal.:ilus.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F01010006
Subyek : SUMBERDAYA MANUSIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat melek huruf, tingkat kematian bayi, rasio tenaga kerja, rasio anggaran pemerintah untuk bidang pendidikan dan rasio anggaran pemerintah untuk bidang kesehatan  terhadap PDRB Indonesia tahun 2003.

            Penelitian ini menggunakan model regresi linier kuadrat terkecil biasa (Ordinary Least Square/OLS) semilog. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data cross section tahun 2003 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan literatur lainnya.

            Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel tingkat kematian bayi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PDRB Indonesia tahun 2003. Variabel anggaran pendidikan dan literacy rate berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB Indonesia tahun 2003, sedangkan variabel jumlah tenaga kerja dan anggaran pemerintah untuk kesehatan tidak signifikan terhadap PDRB Indonesia tahun 2003.

Berdasarkan hasil analisis diatas, diberikan beberapa saran, antara lain: membuka akses pelayanan kesehatan yang seluas-luasnya kepada ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan bayinya sehingga dapat mencegah kematian bayi. Hal ini bisa dilakukan dengan mengefektifkan dan memperluas fungsi sarana yang sudah ada misalnya Posyandu. Memantau pendistribusian subsidi pendidikan agar tepat sasaran, sehingga benar-benar sampai ke orang yang membutuhkan. Menggalakkan program wajib belajar 9 tahun dan program kejar paket A agar Indonesia bebas buta huruf, karena angka melek huruf (literacy rate) terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB. Peningkatan kualitas tenaga kerja antara lain dengan mengefektifkan sarana yang sudah ada, misalnya BLK (Balai Latihan Kerja) sebagai sarana peningkatan skill tenaga kerja, sehingga keberadaan tenaga kerja yang besar mampu memberikan kontribusi yang besar pula terhadap pertumbuhan ekonomi (PDRB). Meninjau kembali sistem pendistribusian subsidi kesehatan agar tepat sasaran. Selain itu, bisa juga dengan subsidi silang, artinya penduduk dengan pendapatan tertentu membayar biaya kesehatan lebih tinggi dibandingkan penduduk dengan pendapatan rendah.

 

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Vinc Hadi Wiyono WS, MA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis