Penulis Utama : Oni Widianingrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis usaha produksi kerajinan seni pahat batu di Kabupaten Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : xv, 93 hal.:ilus.,lamp.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0101064
Subyek : USAHA KECIL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh variabel modal dan tenaga kerja terhadap hasil produksi pahat batu; 2) skala hasil produksi kerajinan pahat batu; 3) intensitas penggunaan masukan modal dan tenaga kerja dalam produksi kerajinan pahat batu termasuk dalam padat modal atau padat karya.

            Penelitian ini merupakan hasil penelitian survei pada usaha kerajinan pahat batu di Kabupaten Magelang. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik survei, di mana pemilihan daerah dilakukan dengan Area probability random sampling, sedangkan pengambilan sampel masing-masing wilayah dilakukan dengan Proportional random sampling. Sampel diambil dari pengrajin pahat batu, dengan ditetapkan 4 kecamatan yaitu Muntilan, Salam, Sawangan, dan Secang dengan populasi 156 pengrajin dan ukuran sampel 75 pengrajin. Alat analisis yang digunakan adalah fungsi produksi cobb douglas denga regresi double log.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, semua variabel independen berpengaruh positif terhadap variabel dependen. Modal dan tenaga kerja secara individual berpengaruh signifikan terhadap hasil produksi  pada tingkat 5%. Secara bersama-sama variabel independent berpengaruh terhadap variabel dependen.  Kedua, skala produksi kerajinan pahat batu berproduksi pada skala hasil yang semakin berkurang. Ketiga, kategori usaha produksi kerajinan pahat batu termasuk dalam padat modal.

            Berdasarkan hasil penelitian maka diajukan saran: kepada pengrajin agar penggunaan faktor modal dan tenaga kerja ditingkatkan dengan menambah ketrampilan tenaga kerja dan mencari alternatif sumber bahan baku andesit, agar dicapai hasil produksi yang meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Kepada pemerintah diharapkan terus meningkatkan penyuluhan-penyuluhan cara berproduksi yang baik agar pengrajin dapat memperoleh keuntungan optimal dalam usahanya, mengadakan pameran-pameran untuk memperluas pasar, serta memberikan kemudahan kredit untuk menambah modal usaha.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Agung Setyo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis