Penulis Utama : Jati Pulung Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Peranan kedokteran forensik dalam praktek peradilan perkara pidana (studi kasus di Pengadilan Negeri Purworejo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi : xii, 60 hal.:lamp.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E.0002172
Subyek : PERKARA PIDANA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari kedokteran forensik yang dibutuhkan dalam proses persidangan dan bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ditemui dalam pelaksanaannya di sidang pengadilan.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan apabila dilihat dari jenis penelitian termasuk penelitian hukum normatif. Lokasi penelitian yaitu Pengadilan Negeri Purworejo. Jenis data yang dipergunakan adalah data sekunder. Tehnik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui observasi (putusan hakim dan visum et repertum), wawancara, dan penelitian kepustakaan baik berupa buku – buku, peraturan perundang – undangan, dokumen – dokumen, dan sebagainya. Analisa data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa, peranan dari kedokteran forensik dalam penyelesaian perkara pidana di Pengadilan Negeri Purworejo adalah membantu hakim dalam menemukan dan membuktikan unsur-unsur yang di dakwakan dalam pasal yang diajukan oleh penuntut. Serta memberikan gambaran bagi hakim mengenai hubungan kausalitas antara korban dan pelaku kejahatan dengan mengetahui laporan dalam visum et repertum. Disamping itu, diperoleh hasil bahwa dalam setiap praktek persidangan yang memerlukan keterangan dari kedokteran forensik, tidak pernah menghadirkan ahli dalam bidang ini untuk diajukan di sidang pengadilan sebagai alat bukti saksi.

Implikasi teoritis penelitian ini adalah bahwa hakim dalam menjatuhkan putusan suatu perkara yang memerlukan keterangan dokter forensik, hanya memerlukan keterangan yang berupa visum et repertum tanpa perlu menghadirkan dokter yang bersangkutan di sidang pengadilan. Sedangkan implikasi praktisnya bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi hakim dalam menangani perkara yang memerlukan peran dari kedokteran forensik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Kristiyadi SH. MH
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum