Penulis Utama : Heny Sanjaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Saluran distribusi ES balok CV. Pati Jaya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201051-2004
Subyek : PEMASARAN, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kegiatan pemasaran merupakan hal penting bagi perusahaan dimana hal ini mencakup kegiatan distribusi yang tepat. Dalam mendistribusikan produk perusahaan dapat melakukan 2 cara yaitu secara langsung atau tidak langsung. Distribusi secara langsung adalah perusahaan dalam menyalurkan produknya tidak melalui perantara, sedangkan saluran distribusi tak langsung adalah perusahaan menggunakan perantara dalam menyalurkan produknya.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen yang memilih saluran distribusi secara langsung maupun saluran distribusi tak langsung dan mengetahui bagaimana prosedur saluran distribusi pada CV. Pati Jaya. Manfaat yang hendak dicapai adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam menentukan saluran distribusi yang tepat bagi perusahaannya. Dalam penulisan penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi dan wawancara dan teknik penganalisaannya menggunakan analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perusahaan CV. Pati Jaya menggunakan saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tak langsung. Saluran distribusi langsung menyalurkan barang dari produsen langsung ke konsumen, pihak-pihak yang terkait dalam saluran ini adalah bagian produksi, bagian gudang, bagian keuangan dan konsumen. Sedangkan saluran distribusi tak langsung terdiri dari perantara dan konsumen. Pihak-pihak yang terkait dalam saluran ini adalah bagian pemasaran, bagian produksi, bagian gudang, bagian pengiriman/ transportasi, bagian keuangan dan agen/ pedagang besar. Prosedur distribusi es balok pada CV. Pati Jaya melibatkan beberapa pihak terkait yaitu bagian pemasaran, bagian produksi, bagian gudang, bagian pengiriman/ transportasi, bagian keuangan, agen/ pedagang besar dan konsumen. Jadi dapat dilihat bahwa CV. Pati Jaya dalam melaksanakan kegiatan distribusinya sudah mengadakan pemisahan fungsi. Selain pemisahan fungsi, setiap pemasukan atau pengeluaran uang sudah dicatat dalam catatan akuntansi yang memadai.

Berdasarkan penulisan yang sudah dilakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa prosedur saluran distribusi produk CV. Pati Jaya sudah baik karena masing-masing bagian sudah menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik, ditunjang sistem akuntansi yang cukup memadai juga. Saran yang dapat penulis berikan adalah salran distribusi yang digunakan oleh CV. Pati Jaya sudah baik dan tepat, maka saluran distribusi yang digunakan harus tetap dipertahankan dengan baik, serta kerjasama yang menyeluruh antara masing-masing bagian dalam system distribusi agar distribusi dapat berjalan dengan baik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Salamah Wahyuni, SU
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis