Penulis Utama : Nunung Triyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam membeli kemeja (studi pada mahasiswa D-3 Fakultas Ekonomi UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201076-2004
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

          Manusia mempunyai sifat untuk selalu dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya akan barang dan jasa. Salah satu produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam berpenampilan adalah pakaian khususnya kemeja.

            Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam membeli kemeja. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan studi pustaka dan menyebar kuisioner kepada 100 mahasiswa sebagai responden. Analisis yang dipakai adalah analisis kualitatif yaitu membagi data menjadi beberapa kelompok, yang kemudian diukur melalui nilai presentase yang ada.

            Variabel-variabel yang diteliti meliputi faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam membeli kemeja. Dalam hal ini variabelnya adalah faktor ektern, faktor intern dan atibut produk. Faktor ekternnya adalah pendapat orang tua, faktor internnya adalah jenis kelamin dan pendapatan atau uang saku perbulan.Untuk variabel atibut produk terdiri dari harga, trend/mode, merk, warna atau motif.

            Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor ektern yaitu pendapat orang tua (62 %)  tidak mempengaruhi mahasiswa dalam membeli kemeja. Faktor intern jenis kelamin (77%) mempengaruhi mahasiswa dalam membeli kemeja. Faktor intern yaitu pendapatan atau uang saku perbulan (71%) tidak mempengaruhi mahasiswa dalam membeli kemeja. Untuk atribut produk (harga, trend/ mode, merk, warna/ motif berdasarkan analisis dapat dijelaskan sebagai berikut : Untuk harga (53%) mempengaruhi mahasiswa dalam membeli kemeja. Untuk trend/ mode (73%) tidak mempengaruhi mahasiswa dalam membeli kemeja. Untuk merk (65%) tidak mempengaruhi mahasiswa dalam membeli kemeja. Dan untuk warna/ motif (83%) mempengaruhi mahasiswa dalam membeli kemeja.

            Saran yang dapat penulis berikan adalah bagi perusahaan-perusahaan garmen yang memproduksi pakaian jadi khususnya kemeja sebaiknya dalam memproduksi kemeja  lebih berkreasi dalam menghasilkan warna dan motif  dari kemeja, agar konsumen lebih tertarik untuk membeli kemeja. Serta menetapkan harga yang dapat dijangkau oleh konsumen dengan kwalitas yang baik meskipun kemeja tersebut tidak menekankan pada merknya.  

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoseno Ranupandojo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis