Penulis Utama : Dwi Lipur Prihatin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Evaluasi sistem pemberian kredit pada PT. BPR Ihuthan Ganda Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3301029-2004
Subyek : KREDIT
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT. BPR Ihuthan Ganda Kartasura adalah salah satu lembaga perbankan yang menghimpun dana dan menyalurkan dana dari masyarakat. Bidang usahanya selain menghimpun dana dari masyarakat yang berupa tabungan dan deposito juga menyalurkan dana ke masyarakat yang berbentuk kredit. Masalah yang hendak dicari jawabannya dari evaluasi ini adalah menentukan apakah sistem pemberian kredit pada PT. BPR Ihuthan Ganda sudah berjalan dengan baik.

            Sehubungan dengan hal diatas, penelitian ini dilaksanakan dengan metode pengumpilan data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari perusahaan. Analisis membuktikan bahwa Sistem Pemberian Kredit pada BPR Ihuthan Ganda didasarkan pada kebutuhan manajemen untuk mempermudah dalam pelaksanaan tugas dan wewenangnya sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan yang selama ini telah ditetapkan.

            Sistem Pemberian Kredit pada PT. BPR Ihuthan Ganda Kartasura mempunyai beberapa kebaikan yaitu:  sudah menggunakan prinsip 5C, waktu sampai dengan pencairan kredit sangat cepat, barang jaminan harus diasuransikan, cara pelunasan dengan angsuran dan ada dua sistem penetapan bunga, sistem otorasi yang memadai, pengecekan oleh DIRUT tiap hari, kasir sudah diasuransikan, memiliki fungsi audit internal dan kebijakan tidak tertulis untuk menghindari pelelangan jaminan.

            Sistem Pemberian Kredit pada PT. BPR Ihuthan Ganda Kartasura juga memiliki beberapa kekurangan yaitu: tidak dipekerjakan ahli khusus untuk taksasi jaminan, tidak ada komite khusus untuk pemberian kredit, perangkapan tugas oleh Marketing, dokumen tidak bernomor urut tercetak, bukti yang tidak cukup kuat bagi bag. pembukuan untuk melakukan pencatatan atas kredit yang dikeluarkan dan tingkat  bunga kredit yang tidak fleksibel.

            Berdasarkan kekurangan dan kelemahan dari Sistem Pemberian Kredit yang ditemukan tersebut, maka diajukan saran-saran untuk mencapai Sistem Pemberian Kredit yang lebih baik, dengan jalan: dipekerjakannya ahli khusus untuk taksasi jaminan, dibentuk komite khusus untuk analisis kredit, pembagian tugas atas tugas-tugas yang dipegang bagian  marketing, penggunaan dokumen bernomor urut tercetak (kwitansi penerimaan pinjaman), adanya dokumen pendukung bagi bag, pembukuan selain Kwitansi Penerimaan Pinjaman, dan tingkat bunga kredit yang lebih fleksibel.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Yacob Suparno, M.Si.,Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis