Penulis Utama : Tri Wibowo Styawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Evaluasi sistem pengendalian intern terhadap piutang dagang pada UD. Sabar Motor Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3301042-2004
Subyek : AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

UD. Sabar Motor adalah perusahaan dagang yang menjual dan membeli kendaraan bermotor bekas dan mobil bekas. Sistem penjualan yang dilakukan  dengan cara tunai, kredit, dan  melayani tukar tambah (trade-in).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana sistem pengendalian intern terhadap piutang dagang pada UD. Sabar Motor diterapkan sesuai dengan praktik yang sehat.

Adapun pengumpulan data dilaksanakan penulis adalah dengan metode wawancara dengan pejabat yang terkait dan dengan metode observasi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilaksanakan di UD. Sabar Motor Surakarta adalah sistem pengendalian intern terhadap piutang yang telah diterapkan secara memadai. Hal ini terbukti dengan adanya pemisahan fungsi operasi, fungsi penyimpanan, serta fungsi akuntansi dan sudah dilaksanakannya sistem otorisasi pada dokumen-dokumen yang terkait. Selain itu penggunaan dokumen yang bernomor urut tercetak juga sudah dilaksanakan oleh perusahaan ini. Namun demikian masih terdapat beberapa kelemahan yaitu surat pernyataan saldo piutang yang tidak pernah dibuat oleh UD. Sabar Motor, perekrutan karyawan yang tidak dilaksanakan dengan cara seleksi, dan tidak adanya pengawas untuk mengawasi kegiatan operasionalnya.

Berdasarkan kelemahan tersebut, maka penulis mengajukan saran agar perusahaan secara periodik mengirimkan surat pernyataan piutang kepada masing-masing debitur, mengadakan seleksi karyawan terlebih dahulu sebelum merekrutnya dan membentuk pengawas internal khusus untuk memantau kegiatan operasionalnya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis