Penulis Utama : Pramufita Hernawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Tinjauan yuridis pelaksanaan pelayanan dan rehabilitasi sosial Di Panti Tuna Netra Dan Tuna Rungu Wicara (Ptn & Trw) Bhakti Candrasa Surakarta berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 1998 tentang upaya peningkatan kesejahteraan sosial penyandang c
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2006
Kolasi : xi, 53 hal.:ilus.,lamp.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0002202
Subyek : CACAT, PENYANDANG-UNDANG-UNDANG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan pengetahuan tentang implementasi PP No. 43 Tahun 1998 dalam pelaksanaan pelayanan dan rehabilitasi sosial di Panti Tuna Netra dan Tuna Rungu Wicara (PTN & TRW) Bhakti Candrasa Surakarta dan memperoleh pengetahuan tentang masalah dan hambatan dalam pelaksanaan pelayanan dan rehabilitasi sosial di Panti Tuna Netra dan Tuna Rungu Wicara (PTN & TRW) Bhakti Candrasa Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum sosiologis atau empiris (non doctrinal). Lokasi penelitian di Panti tuna Netra dan Tuna Rungu Wicara (PTN & TRW) Bhakti Candrasa Surakarta. Jenis data yang dipergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan melalui dengan observasi, wawancara dan kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pelayanan dan rehabilitasi sosial di Panti Tuna Netra dan Tuna Rungu Wicara (PTN & TRW) Bhakti Candrasa Surakarta sesuai dengan PP. No.43 Tahun 1998, yaitu meliputi motivasi dan diagnosa psikososial, bimbingan mental, bimbingan fisik, bimbingan sosial, bimbingan keterampilan, terapi penunjang, bimbingan resosialisasi, bimbingan dan pembinaan usaha serta bimbingan lanjut.

Dalam pelaksanaan pelayanan dan rehabilitasi sosial masih ditemukan berbagai hambatan baik dari penyandang cacat itu sendiri, keluarga, masyarakat, kelembagaan, dan berkaitan dengan aksesibilitas. Adapun upaya-upaya untuk mengurangi hambatan-hambatan yang ada antara lain dengan peningkatan resosialisasi bagi penyandang cacat, keluarga dan masyarakat, peningkatan UPSK sehingga lebih menjangkau target dan sasarannya, sosialisasi kepada masyarakat berkaitan dengan lembaga pelayanan dan rahabilitasi sosial serta berbagai peraturan perundangan mengenai penyandang cacat, permasalahan dan peningkatan kesejahteraan sosialnya.

Implikasi teoritis penelitian ini adalah adanya pelaksanaan pelayanan dan rehabilitasi sosial yang mampu meningkatkan kesejahteraan sosial penyandang cacat dalam rangka kemandirian dan kesamaan kesempatan, sedangkan implikasi praktisnya adalah hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai informasi dan masukan dalam pelaksanaan pelayanan dan rehabilitasi sosial di PTN & TRW Bhakti Candrasa Surakarta.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Waluyo, SH, MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum