Penulis Utama : Kurniawan Widjojo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh pengumuman kenaikan dan penurunan dividen tunai terhadap abnormal return saham di Bursa Efek Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1300042-2004
Subyek : BURSA EFEK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perubahan dividen tunai yang dibagikan tahun 1999-2002 mengandung informasi, yang ditunjukkan dengan abnormal return saham di sekitar tanggal pengumuman.

Sampel penelitian sebanyak 66 saham, terdiri dari 33 saham yang dividen tunainya naik dan 33 saham yang dividen tunainya turun. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu saham yang paling aktif diperdagangkan pada masing-masing sektor dan selalu diperdagangkan selama periode kejadian. Uji statistik yang digunakan adalah uji t dan model regresi. Uji t bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya reaksi pasar di sekitar tanggal pengumuman dividen, sedangkan model regresi bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara perubahan dividen dengan abnormal return saham.

Hasil uji t menunjukkan bahwa informasi kenaikan dividen tunai, menimbulkan abnormal return yang berbeda secara signifikan dengan nol pada hari ketiga sebelum pengumuman, sedangkan penurunan dividen tunai tidak menimbulkan abnormal return yang signifikan selama periode kejadian. Tak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return sebelum maupun setelah pengumuman dividen, baik untuk saham sampel kelompok dividen naik maupun kelompok dividen turun. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara perubahan dividen dengan abnormal return saham.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengumuman kenaikan dan penurunan dividen tunai yang dibagikan tahun 1999-2002, tidak berpengaruh terhadap abnormal return saham. Hasil ini konsisten dengan hasil penelitian Prasetyono pada tahun 1996-1997.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis