Penulis Utama : Lina Dahliawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Peranan desa pakis baru dalam perjuangan gerilya Jendral Sudirman tahun 1949 (studi wilayah di desa Pakis Baru Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K4401032
Subyek : PERJUANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: (1) Perjuangan Jenderal Sudirman di desa Pakis Baru, (2) Faktor-faktor yang menjadikan desa Pakis Baru dipilih menjadi markas besar bagi perjuangan gerilya Jenderal Sudirman, (3) Peranan desa Pakis Baru dalam mendukung perjuangan gerilya Jenderal Sudirman.

Penelitian ini menggunakan metode historis. Langkah-langkah yang ditempuh dalam metode historis meliputi empat tahap, yaitu: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sumber data yang digunakan adalah sumber tertulis primer dan sekunder berupa buku-buku dan arsip dokumen yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dan wawancara. Untuk memperoleh validitas data dalam penelitian ini menggunakan kritik ekstern dan kritik intern. Data-data tersebut kemudian diinterpretasikan atau ditafsirkan makna dan hubungannya sehingga menghasilkan fakta-fakta sejarah. Fakta-fakta ini kemudian dirangkai dan disusun menjadi sebuah cerita sejarah dalam sebuah historiografi

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Perjuangan Jenderal Sudirman di desa Pakis Baru dilakukan dengan cara mengeluarkan perintah-perintah dan instruksi kepada para komandan kesatuan serta anggota pusat pemerintah militer dan sipil agar tetap melaksanakan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan. Selain itu Jenderal Sudirman juga menerima laporan-laporan dari daerah lain yang kemudian menjadi bahan bagi penyusunan perjuangan selanjutnya. Perjuangan Jenderal Sudirman juga dilakukan melalui perjuangan fisik tetapi medan pertempurannya berada di luar wilayah desa Pakis Baru, (2) desa Pakis Baru diputuskan menjadi markas besar bagi perjuangan gerilya Jenderal Sudirman karena secara geografis desa ini memenuhi syarat-syarat bagi pembentukan daerah pangkalan atau markas besar, yaitu letaknya yang tidak mencolok dan jauh dari jalan besar, sulit didatangi karena hanya terdapat jalan setapak, terletak diantara lipatan-lipatan tebing dan ceruk-ceruk yang memudahkan untuk penyelinapan serta dikelilingi oleh beberapa bukit. Selain itu kesediaan masyarakat desa Pakis Baru untuk membantu dan mendukung perjuangan gerilya Jenderal Sudirman juga menjadi faktor dilpilihnya desa Pakis Baru menjadi markas besar bagi perjuangan gerilya Jenderal Sudirman, (3) peranan desa Pakis Baru bagi perjuangan gerilya Jenderal Sudirman adalah sebagai markas besar atau daerah pangkalan selain itu masyarakat desa Pakis Baru juga berperan dalam memberikan bantuan pengawasan , penyelenggaraan dapur umum dan penyediaan tenaga kurir.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Sariyatun, M.Pd, M. Hum
2. Drs. Tri Yunianto, M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP