Penulis Utama : Wiwik Eko Novitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh pengambilan kredit dan BKK kecamatan Batangan kabupaten Pati terhadap pendapatan penguasa kecil
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1101034-2004
Subyek : KREDIT
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama faktor pendapatan, modal sendiri, tingkat pendidikan serta pengalaman usaha apakah mempunyai pengaruh bagi pengusaha kecil dalam besarnya pengambilan kredit dari BKK Batangan, kedua adalah apakah setelah memperoleh kredit dari BKK ada peningkatan pendapatan. Sehubungan dengan permasalahan yang diajukan maka hipotesis yang diambil adalah pertama faktor pendapatan, modala sendiri, pendidikan serta pengalaman usaha diduga mempunyai pengaruh terhadap pengusaha kecil dalam mengambil kredit, kedua adalah diduga adanya peningkatan pendapatan pengusaha kecil setelah memperoleh kredit dari BKK Batangan.

Sejalan dengan hipotesis yang diajukan maka penelitian ini menggunakan alat analisis induktif. Adapun untuk uji hipotesis yang pertama menggunakan uji analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis dan uji asumsi. Sedangkan untuk analisis yang kedua menggunakan uji beda dua mean.

Hasil analisis dengan analisis regresi berganda terbukti bahwa faktor pendapatan, pengalaman usaha serta modal sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengusaha kecil dalam pengambilan kredit dari BKK Batangan. Hasil uji regresi diperoleh nilai koefisien regresi untuk faktor pendapatan sebesar 0,0421 dengan nilai t-hitung 2,476, nilai koefisien regresi untuk faktor modal sendiri sebesar 0,008612 dengan nilai t-hitung 2,868, nilai koefisien regresi untuk faktor pengalaman usaha sebesar 8.129,171 dengan nilai t-hitung 2,699. sedangkan untuk variabel pendidikan berpengaruh positif namun tidak signifikan, hal ini dilihat dari nilai koefisien regresinya sebesar 2.853,888 dengan nilai t-hitung 1,193 yang lebih kecil dari t-tabel 1,96. Untuk hasil analisis uji F diperoleh nilai F-hitung 55,991 dengan F-tabel sebesar 2,61. hal ini menunjukan bahwa faktor pendapatan, pendidikan, modal sendiri serta pengalaman usaha secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengusaha kecil dalam pengambilan kredit dari BKK. Untuk analisis uji beda dua mean diperoleh nilai Z-hitung 1.745,206 lebih besar dari nilai Z-tabel 1,64.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat diajukan beberapa saran yaitu: bagi pengusaha kecil yang memiliki pendapatan kecil, pengalaman usaha sedikit serta modal sendiri yang kecil jangan diabaikan tetapi diberikan kemudahan dengan memberikan kredit yang mudah dengan bunga murah dan ringan, BKK hendaknya memberikan penerangan dengan kalimat yang mudah dimengerti dan jelas atau memberi bantuan pada pengusaha kecil dalam pengisian permohonan kredit. Dan juga diharapkan diberikan kemudahan-kemudahan bagi pengusaha kecil dan juga para pengusaha tersebut diharapkan mengimbangi dengan penanganan manajemen yang baik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis