Penulis Utama : Dwi Eko Wahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Novel lintang saka padhepokan grinsing karya AY Suharyana : suatu tinjauan sosiologi sastra
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2006
Kolasi : xiii, 177 hal.: lamp.
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0101019
Subyek : NOVEL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu unsur-unsur struktur yang membangun cerita, permasalahan sosial yang terjadi, sikap budaya pengarang terhadap permasalahan yang muncul.

Sumber data yang digunakan adalah novel Lintang Saka Padhepokan Gringsing karya AY. Suharyono terbit tahun 1994 oleh Yayasan Pustaka Nusatama. Data penelitian ini meliputi data utama seperti unsur-unsur intrinsik novel tersebut yaitu tema, amanat, alur, penokohan, latar, permasalahan yang terdapat di dalam novel serta hasil wawancara dengan pengarang. Data sekundernya yaitu dari berbagai informasi meliputi biodata pengarang serta buku-buku yang relevan dengan penelitian.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan dan wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra

(1) Mahasiswa Jurusan Sastra Daerah NIM C0101019

(2) Dosen Pembimbing I

(3) Dosen Pembimbing II

Simpulan dari penelitian ini adalah dari segi strukturnya terlihat jelas keterjalinan antar unsur-unsurnya yaitu antara tema, amanat, penokohan, alur serta latar sehingga mampu menimbulkan kesan hidup kepada pembaca, ada tiga permasalahan sosial yang muncul yaitu masalah hamil di luar nikah, masalah kriminalitas dan masalah perebutan anak, ketiga permasalahan tersebut saling berhubungan antara masalah yang satu dengan masalah yang lain, sikap budaya pengarang yang terungkap dalam novel merupakan sikap budaya Jawa dalam merespon masalah-masalah sosial. Adapun sikap budaya yang ditampilkan yaitu sikap budaya pengarang terhadap moral, sikap budaya pengarang terhadap hukum dan sikap budaya pengarang terhadap wanita.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sahid Teguh Widodo, S. S, M. Hum.
2. Dra. Endang Siti Saparinah. M. S
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa