Penulis Utama : Vitriya Mardiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis proses kreatif fira basuki dalam novel serial ms. B: panggil aku b, will u marry me? Dan jadi mami (suatu pendekatan ekspresif dan pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K1202047
Subyek : NOVEL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan proses kreatif Fira Basuki dalam novel serial Ms. B (Panggil Aku B, Will U Marry Me? dan Jadi Mami); (2) mendiskripsikan unsur-unsur intrinsik yang paling dominan dalam novel serial Ms. B; dan (3) mendeskripsikan tanggapan (respon) pembaca terhadap novel serial Ms. B. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti mengembangkan penelitian dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan Fira Basuki sebagai pengarang novel Ms. B; novel serial Ms. B; artikel tentang Fira Basuki di internet; serta angket dari beberapa pembaca novel serial Ms. B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara. Penelitian ini menggunakan validitas data berupa metode triangulasi teori dan metode, sedangkan teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis model mengalir (flow model of analysis).

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa, dalam berkarya Fira Basuki dipengaruhi oleh faktor-faktor berupa: bakat yang dimiliki dari kecil, pengalaman hidup, referensi film, referensi buku, serta didukung oleh kegemarannya traveling. Dalam menciptakan suatu bentuk karya sastra Fira Basuki selalu melalui empat tahapan, yaitu tahap pemunculan ide, tahap meditasi, tahap penulisan serta tahap penyempurnaan.

Inti dari Ms. B ini bercerita tentang kehidupan perempuan masa kini (modern) dengan segala permasalahan hidupnya. Dalam bertindak Ms. B digambarkan terkadang terpengaruh oleh lingkungan di sekitarnya, namun pada akhirnya ia bisa memutuskan apa yang terbaik untuk dirinya, meskipun apa yang ia putuskan itu harus melawan orang-orang yang ada di sekitarnya demi sesuatu yang ia yakini terbaik untuk dirinya. Hal ini mencerminkan bahwa Ms. B bermental kuat. Ms. B digambarkan sebagai seorang perempuan modern yang berusaha menggabungkan antara kebudayaan Jawa dan modern. Meskipun terkadang sikap yang ia pilih mencerminkan kebudayaan barat, namun pada hal-hal tertentu ia akan tetap memilih tunduk pada aturan tradisi Jawa. Ms. B seolah-olah menjadi gambaran perempuan Jawa masa kini yang mengalami dilema dalam menentukan langkah antara modern dan tradisional. Dengan mengetahui proses kreatif Fira Basuki dalam berkarya dapat dijadikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi para pecinta sastra dan bisa memotivasi pembaca untuk menciptakan suatu karya baru.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
2. Drs. Slamet. M, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP