Penulis Utama : Budi Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Dinamika kehidupan sosial ekonomi pengrajin gamelan desa wirun kecamatan mojolaban kabupaten sukoharjo tahun 1993-2005
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2005
Kolasi : xv, 101 hal.
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0501014
Subyek : KEADAAN EKONOMI DAN SOSIAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah latar belakang munculnya industri kerajinan gamelan di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo? (2) Apakah ada keterkaitan antara industri kerajinan gamelan di Desa Wirun dengan kehidupan masyarakat terutama dalam aspek sosial ekonominya? (3) apakah dampak krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1997 terhadap kondisi industri kerajinan gamelan di Desa Wirun?

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui latar belakang munculnya industri kerajinan gamelan di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, (2) Mengetahui adakah keterkaitan antara industri kerajinan gamelan di Desa Wirun terhadap kehidupan masyarakat terutama dalam aspek sosial ekonominya, dan (3) Mengetahui dampak krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1997 terhadap kondisi industri kerajinan gamelan di Desa Wirun.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis dan bersifat deskriptif analitis yang berusaha mendeskripsikan serta menganalisis tentang industri  kerajinan gamelan di Desa Wirun tahun 1993-2003. Langkah awal dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data-data yang ada. Selanjutnya data-data yang telah terkumpul, kemudian diadakan reduksi data yaitu menyeleksi seluruh data yang ada dengan cara membandingkan serta mengkait-kaitkannya. Data-data yang terseleksi itu kemudian tinggallah fakta-fakta, kemudian dilakukan langkah verifikasi yaitu menyajikan dalam bentuk tulisan secara deskriptif, yaitu melukiskan suatu keadaan berdasarkan atas fakta-fakta yang tersedia.

Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal: (1) Bahwa industri kerajinan gamelan di Desa Wirun muncul sejak tahun 1956 yang dirintis pertama kali oleh Reso Wiguno. Munculnya industri kerajinan gamelan dilatarbelakangi oleh adanya dorongan ekonomi.karena merasa bahwa hasil pertanian ternyata sudah tidak cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, selain itu dilandasi oleh. faktor budaya, sebab sebelum ada industri kerajinan gamelan, Desa Wirun merupakan daerah yang memiliki kebudayaan yang tinggi khususnya dalam bidang seni. (2) Adanya keterkaitan antara industri kerajinan gamelan di Desa Wirun dengan kehidupan masyarakat terutama dalam aspek sosial ekonominya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara industri kerajinan gamelan terhadap masyarakatnya. (3) Krisis ekonomi tahun 1997 mempengaruhi kondisi industri kerajinan gamelan di Desa Wirun. Sebelum terjadinya krisis moneter pertumbuhan industri kerajinan gamelan di Desa Wirun berada dalam kondisi stabil, masuknya teknologi baru dalam pembuatan kerajinan gamelan turut mempengaruhi produksi kerajinan gamelan. Pada masa krisis moneter industri kerajinan gamelan di Desa Wirun juga terkena imbasnya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Buchori S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa